Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
24/02/2024
CITILIVE

Sinergi Wartawan dan Pimpinan Daerah: Perayaan Hari Pers Nasional 2024 di Malang Raya

  • Februari 10, 2024
  • 3 min read
Sinergi Wartawan dan Pimpinan Daerah: Perayaan Hari Pers Nasional 2024 di Malang Raya

CITILIVE– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya mengadakan perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Kantor DPRD Kota Malang pada Jumat sore (09/02/2024). PWI Malang Raya mengundang seluruh forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) untuk memperkuat hubungan antara wartawan dan pimpinan daerah.

Selain merayakan, PWI Malang Raya juga memberikan apresiasi kepada para pemimpin daerah dengan penghargaan “Tokoh Peduli Pers” sebagai pengakuan atas kerjasama mereka dengan media dalam memberikan informasi.

“Kami sangat bersyukur karena Forkopimda Malang Raya hadir dalam acara ini. HPN 2024 ini menjadi kesempatan bagi kami untuk memberikan penghargaan kepada seluruh Forkopimda Malang Raya karena mereka dinilai sangat mendukung insan pers di sepanjang wilayah Malang Raya,” kata Ketua PWI Malang Raya, Cahyono, pada Jumat (09/02/2024).

Melansir Komapas.com, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim, juga menekankan pentingnya kehadiran seluruh pimpinan daerah dari tiga wilayah di Malang Raya dalam peringatan HPN.

“Ini mungkin menjadi satu-satunya kegiatan semacam ini di Indonesia, di mana tiga pemerintah daerah bersatu untuk merayakan HPN. Terlebih lagi, ini terjadi pada hari libur, tetapi semua forkopimda hadir,” katanya.

Lutfil menambahkan bahwa kehadiran mereka menunjukkan bahwa Malang Raya adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Sesuai dengan tema HPN 2024, “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”, Lutfil juga menyerukan agar wartawan di Malang Raya ikut mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 untuk memastikan terwujudnya pesta demokrasi yang berkualitas.

“Pers juga memiliki tanggung jawab untuk mengawal seluruh tahapan pemilu agar berjalan dengan baik dan menghasilkan pemerintahan yang berkualitas. Setelah pemilu, pers juga harus mengawal kinerja pemerintahan yang berkualitas. Inilah tugas besar yang harus dijalankan oleh wartawan di Jatim, khususnya Malang Raya,” ujarnya.

Pada acara tersebut, Pj Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menyampaikan selamat atas peringatan HPN 2024 dan juga hari jadi ke-78 PWI. Dia berharap agar dalam usia yang baru ini, wartawan dapat semakin bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan tugasnya.

“HPN ini mengingatkan kita bahwa wartawan adalah mitra bagi pemerintah dalam mengawal pelaksanaan Pemilu 2024. Melalui momentum ini, mari tingkatkan profesionalisme dan independensi kita dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan berdaulat,” tambahnya.

Penghargaan “Tokoh Peduli Pers” diberikan kepada beberapa tokoh, termasuk Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat, Bupati Malang Sanusi, Pj Wali Kota Batu Aris Agung Paewai, Ketua GM FKPPI Jawa Timur R. Agoes Soerjanto, serta jajaran pimpinan TNI/Polri di Malang Raya. Selain itu, juga diberikan kepada Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika dan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi. Piagam penghargaan juga diberikan kepada Wakil Ketua MPR-RI, Achmad Basarah, dalam sebuah acara sosialisasi 4 pilar demokrasi di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang pada Jumat siang (09/02/2024).