Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
24/02/2024
CITILIVE

Pemkot Malang Sabet Penghargaan UMKM Terbaik detikJatim Awards 2023

  • November 29, 2023
  • 3 min read
Pemkot Malang Sabet Penghargaan UMKM Terbaik detikJatim Awards 2023

CITILIVE– Atas komitmen dan langkah strategis mendorong usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) semakin berdaya, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menerima penghargaan Anugerah Program Ekonomi Terpuji kategori Pemberdayaan UMKM di ajang detikJatim Awards 2023. Penghargaan ini diterima oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr Ir. Wahyu Hidayat, MM di Singhasari Resort, Kota Batu, Senin (27/11/2023).

Di ajang yang merupakan gelaran pertama ini, detikJatim Awards 2023 memberikan apresiasi kepada institusi, daerah, entitas bisnis, tokoh teladan, hingga komunitas. Di mana penghargaan diberikan kepada figur-figur yang inspiratif, inovatif, kreatif, dan berprestasi, maupun memberikan dampak kepada masyarakat di Jawa Timur.

Atas raihan prestasi ini, Pj. Wali Kota Malang menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Pemkot Malang yang dinilai sebagai Pemerintah yang akseleratif dalam mendorong pengembangan UMKM dengan menyiapkan serangkaian kebijakan, infrastruktur pendukung hingga event-event yang memaksimalkan UMKM.

“Penghargaan ini untuk para pelaku UMKM di Kota Malang dan semua pihak atas sinergi dan kolaborasinya. Ini merupakan hasil dari kerja keras dan komitmen semua pihak untuk memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat,” ungkap Wahyu.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Kota Malang untuk terus menguatkan dan mengembangkan UMKM. Wahyu berharap raihan pretasi ini akan meningkatkan dan memacu semangat UMKM di Kota Malang dapat terus berdampak signifikan pada roda perekonomian.

“Apresiasi ini menjadi pemicu Kota Malang untuk kian bersemangat melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas UMKM. Kami mengajak semua pihak untuk menguatkan sinergi dan kolaborasi untuk mendorong serta mengembangkan UMKM. UMKM diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk, memperluas pasar, serta mendorong kreativitas dalam menciptakan produk yang menarik bagi konsumen,” terangnya.

Sementara itu, Pimpinan Redaksi detik.com, Alfito Deannova Ginting dalam sambutannya menyampaikan pihaknya berkomitmen mendukung kemajuan Jawa Timur hingga tingkat nasional. Menurutnya berbagai inovasi dan prestasi daerah di Jawa timur memberikan dampak yang sangat berarti terhadap kemajuan bahkan hingga level nasional.

“Harus ada pihak yang menyuarakan perkembangan inovasi yang dilakukan daerah ke jajaran nasional, karena banyak terobosan di Jawa Timur yang dapat menjadi contoh tapi belum terdengar di level nasional,” papar Fito.

Ia berharap ajang ini dapat menjadi momentum untuk menggaungkan kemajuan Jawa Timur secara nasional.

Selain Pj. Wali Kota Malang, pada kesempatan ini Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa juga menerima penghargaan Anugerah Inovasi Pembangunan Terpuji kategori Peningkatan Kualitas Pendidikan. “Ini adalah bagian cara detik mengukur kinerja kita. Penghargaan seperti ini jadi penting karena kinerja kita terukur, terpotret dan kemudian kita saling berbenah bersama,” ungkap Gubernur Khofifah.

Penghargaan juga diberikan kepada sejumlah daerah di Jawa Timur, antara lain Pemkot Surabaya, Pemkot Batu, Pemkot Pasuruan, Pemkot Mojokerto, Pemkab Trenggalek, Pemkab Bojonegoro, Pemkap Probolinggo, Pemkab Banyuwangi, Pemkab Kediri dan lainnya. (yul/yon)