NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
10/12/2022
Uncategorized

Rekomendasi Website Penyedia Gambar Gratis Untuk Konten Anda!

  • Desember 18, 2020
  • 3 min read

NETWRITER, Malangpost.id – Dalam sebuah konten, meski Anda bisa mencari gambar gratis dengan mudah hanya melalui kata kunci di mesin pencarian, namun ada aturan tertentu yang membuat Anda tidak dapat seenaknya mendownload gambar milik orang lain. Dalam beberapa kasus aktivitas tersebut dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hak cipta lho!

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan apakah gambar yang Anda dapatk itu legal dan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa gambar yang legal biasanya berbayar atau dengan sistem royalti. Anda hanya bisa menggunakan foto yang mereka sediakan dengan membeli lisensi terlebih dahulu.

Hal ini tentunya akan membuat budget Anda menjadi over, khususnya bagi pengusaha pemula yang akan membuat konten di situs online. Bayangkan saja, satu lisensi stock photo bisa dipatok seharga jutaan rupiah!

Namun jangan khawatir, sebenarnya Anda bisa mendapatkan stok foto premium bebas lisensi dengan gratis lho! Karena saat ini tersedia banyak situs gambar gratis asal Anda mau mencarinya. Nah di sini akan kami ulas beberapa situs yang rekomended dan user friendly untuk mendownload gambar secara gratis.

Cari Situs Gambar Atau Foto Gratis? Cek Di Sini!

Setiap situs penyedia gambar gratis memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Soal lisensi ini diatur oleh organisasi bernama Creative Commons (CC) yang menentukan beberapa tipe atribut gambar atau produk hak cipta lainnya.

Jadi sebelum menggunakannya, sebaiknya Anda membaca dulu “Terms and Conditions” yang disediakan oleh situs tersebut. Lantas, situs apa saja sih yang menyediakan gambar gratis tersebut? Yuk langsung saja kita simak di bawah ini!

  • Flickr

Gambar yang tersedia dalam Flickr dilindungi oleh lisensi Creative Commons. Ada syarat yang harus Anda penuhi agar dapat menggunakan gambar yang disediakan web ini. Di antaranya adalah persetujuan untuk keperluan non komersil, pencantuman sumber gambar, dan lain-lain.

  • Unsplash

Unsplash adalah situs penyedia gambar free yang menawarkan desain interface yang sederhana dan minimalis. Situs yang dikembangkan dari proyek Crew ini merupakan penyedia layanan designer dan developer pihak ketiga yang berfokus pada bidang pembuatan website, logo, serta aplikasi.

  • Pexels

Pexels merupakan situs penyedia gambar gratis dengan tema yang elegan. Ciri khas gambar pada situs ini adalah tema landscape atau bentang alam. Setiap harinya, Pexels selalu melakukan update stok foto sebanyak 5 gambar baru. Salah satu hal yang menjadi pembeda antara Pexels dan Pixabay adalah adanya pilihan custom size di Pexels. Anda bisa mengunduh sebuah gambar dengan resolusi yang bisa ditentukan sendiri.

  • Pixabay

Situs gambar gratis berikutnya yaitu Pixabay yang menawarkan foto berkualitas HD. Koleksi foto pada situs ini terbilang lengkap karena bekerjasama dengan ShutterStock. Anda juga bisa berinteraksi melalui komentar pada postingan pengguna lain. Hampir seperti media sosial, setiap pengguna bisa saling menambahkan sebagai teman lho. Gambar-gambar Pixabay bisa diunduh dalam format JPG dan memiliki beberapa resolusi gambar yang berbeda dengan ukuran yang berbeda pula. Bahkan Anda bisa langsung download gambar tersebut tanpa perlu register, dengan melewati captcha terlebih dahulu. Pixabay juga menyediakan tombol donasi untuk menghargai pemiliki gambar melalui PayPal dengan meng-klik tombol Coffee.

  • Freepik

Situs ini lebih banyak menyediakan gambar vektor, stok foto dan ikon dalam bentuk file gambar, PSD dan lain sebagainya. Jika ditotal lebih dari 5.000.000 komponen gambar sebagai sumber daya maupun inspirasi dalam menyempurnakan desain grafis. Sekitar lebih dari 1.500.000 file gambar bisa Anda simpan secara gratis, sedangkan sisanya memiliki lisensi premium.

  • Freeimages

Hanya dengan mengetik keyword di kolom pencarian, Anda bisa mendapatkan gambar di Freeimages dengan mudah. Terdapat beragam kategori gambar dengan kualitas gambar tinggi yang dapat Anda gunakan untuk melengkapi postingan untuk kebutuhan konten Anda.

Demikianlah 6 rekomendasi website penyedia gambar gratis untuk Anda. Semuanya tersedia secara cuma-cuma dan Anda dapat menggunakannya sesuai keperluan. Apabila Anda memiliki referensi lain, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar pada bagian bawah artikel ini.

Selamat mencoba!