NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
05/10/2022
KUPASEDU

Pertimbangkan Hal Ini sebelum Memilih Double Degree

  • Februari 21, 2021
  • 3 min read
Pertimbangkan Hal Ini sebelum Memilih Double Degree

Dual Degree (Gelar Ganda) atau Double Degree                        

KAMPUS, malangpost.id – Double degree menjadi hal yang tabu dan tidak banyak yang menempuh akan hal ini. selain karena alasan pikir-pikir, juga apa gunya memiliki gelar yang berbeda walaupun jenjangnya sama. Lebih baik dipakai untuk ke jenjang yang selanjutnya saja.

Jangan salah, banyak orang yang mengambil ini karena masih bingung dengan jurusannya yang ia tempuh. Selain itu ada yang lebih ingin mengenalkan kembali dan lebih dalam tentang jurusan yang ia ambil. Misal jurusannya sekarang pendidikan dan ingin ke murni.

Gunanya jurusan ganda ini atau gelar ganda ini bisa buat jaga-jaga akan keadaan cari kerja yang semakin sulit ini dan sebagai pilihan mau pakai ijazah yang gelar x apa y dalam jenjang yang sama sesuai kebutuhan dana pa yang kita inginkan. Enak kan?.

Untuk itu, kali ini rubrik akan menjelaskan tentang beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memutuskan mau mengambil gelar ganda atau tidak. Diantaranya:

Tahu Artinya Dulu Sebelum Berasumsi

Pasti tidak banyak yang tahu akan Double Degree. Yap, Double Degree adalah program penyelenggaraan kegiatan kerja sama antar perguruan tinggi. Progam Double Degree memiliki dua jenis program, yaitu Double Degree Reguler dan Double Degree Akselerasi.

Double Degree Reguler lebih ke sebuah program yang memfasilitasi untuk kuliah S1 pada dua program studi yang berbeda dan dalam waktu yang sama. Contohnya, kuliah S1 dengan mengambil Jurusan Sejarah dan Pendidikan Sejarah, sehingga nahti lulus bisa mendapatkan gelar S.Pd maupun S.Hum.

Untuk Double Degree Akselerasi lebih kepada program yang memfasilitasi mahasiswa untuk menyelesaikan kuliah S1 dan S2 pada program studi yang sama dan dalam waktu yang lebih cepat. Contohnya, kuliah S1 dan S2 di bidang Sejarah dan menyelesaikan kedua program itu dalam waktu 5 tahun (1 tahun lebih cepat dibandingkan dengan yang kuliah S1, S2 jalur reguler atau umum.

Pertimbangkan Alasan Kenapa Mengambil Double Degree

Alasanya apa anda mengambil Double Degree?. Apakah karena tuntutan orang tua apa diri sendiri?. Apa karena menuruti gengsi yang tidak berakhir-akhir. Atau karena kebutuhan kerja maupun karir?. Masa depan anda?. Nah, itu perlu dipertimbangkan.

Sebelumnya juga pertimbangkan perguruan tinggi mana yang akan dituju. Jangan karena ingin gelar ganda anda tidak pilih-pilih universitas. Kalau dapatnya yang abal-abal bagaimana?. Jadi pertimbangkan secara matang baik pilihan Double Degree dan Universitasnya.

Pastikan anda yakin dengan pilihan anda dan ingat konsekuensi yang ada. Ada dua informasi yang bisa anda butuhkan, yaitu perguruan tinggi mana saja yang membuka Double Degree maupun jurusan apa saja yang mengadakan program ini. agar tidak salah paham dan membuat anda teledor maupun keliru.

Tidak Sembarangan Perguruan Tinggi Mengadakan Program Ini

Perlu diingat, bahwa tidak semua perguruan tinggi mengadakan program ini. Perguruan tinggi yang mengadakan program ini harus mengikuti ketentuan yang ada dari pemerintah berdasarkan UU maupun peraturan yang ada.

Pemerintah sudah dipastikan mengawasi pelaksanaan dari program ini di semua universitas yang mengadakan akan hal ini. universitas yang memakai program ini pasti sudah lulus dalam kejelasan rekanan perguruan tinggi maupun kurikulumnya.

Perlu diingat bahwa setiap perguruan tinggi memiliki alur pelaksanaan yang berbeda-beda. Jadi sebelum mengambil, pastikan anda tahu alur pendaftaran sampai proses berjalan, berakhirnya. Pikir-pikir lagi, apa yang akan anda lakukan setelah mendapatkan gelar ganda ini?.

Kemudian rincian pembayaran dari universitas ini?, dan cari deskripsi dari Double Degree yang akan anda pilih. Semoga bermanfaat.