Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
14/07/2024
CITILIVE

14.516 Calon Mahasiswa Mengikuti UTBK 2024 di Universitas Airlangga

  • Mei 1, 2024
  • 2 min read
14.516 Calon Mahasiswa Mengikuti UTBK 2024 di Universitas Airlangga

CITILIVEUniversitas Airlangga (Unair) Surabaya menjadi tempat pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tahun 2024, diikuti oleh 14.516 calon mahasiswa pada Selasa.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Prof. Bambang Sektiari Lukiswanto, menjelaskan bahwa UTBK dilaksanakan di beberapa lokasi, termasuk Kampus Dharmahusada A, Kampus Dharmawangsa B, dan Kampus MERR C.

Pelaksanaan UTBK di Unair akan berlangsung dalam dua gelombang, dengan gelombang pertama pada 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024, serta gelombang kedua pada 14-15 Mei 2024.

Ada peningkatan jumlah pendaftar untuk vokasi dalam UTBK kali ini, dimana peserta dapat memilih hingga empat program studi, dengan dua di antaranya harus vokasi, yaitu program studi D3 atau D4.

Prof. Mohammad Nasih, Rektor Unair, menjelaskan bahwa dalam sistem penilaian UTBK tahun ini, terdapat pembobotan pada setiap soal, sehingga terdapat perbedaan penilaian pada setiap soal.

Pembobotan tersebut didasarkan pada tingkat kesulitan dari setiap soal, sehingga peserta yang memiliki jumlah soal benar yang sama dapat memiliki nilai yang berbeda.

Dilansir dari antaranews.com, Prof.. Nasih menekankan pentingnya masyarakat memahami sistem penilaian baru ini agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara peserta UTBK.

Pihak Unair memastikan bahwa pelaksanaan UTBK di Unair berjalan sesuai aturan, dengan telah disiapkan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah kecurangan selama pelaksanaan UTBK.

Unair berkomitmen untuk menjaga agar pelaksanaan UTBK berjalan dengan jujur, penuh integritas, dan tanpa kecurangan, sehingga hak peserta tidak terampas dan proses UTBK tetap kredibel dan fair.