Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
24/02/2024
CITILIVE

Lewat Malang City Expo 2023, Majukan UMKM

  • Maret 16, 2023
  • 3 min read
Lewat Malang City Expo 2023, Majukan UMKM

CITILIVE- Dalam rangka memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Malang menguatkan sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah pusat menggelar Malang City Expo 2023 di Gedung Kartini, Kamis (9/3/2023).

Wali Kota Malang Sutiaji saat mengunjungi salah satu stand UMKM di Malang City Expo 2023
Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga bersama Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil RI M.IE Aufrida Herni Novieta, SP secara resmi membuka Malang City Expo 2023.

Melansir Malangkota.go.id, Wakil Menteri Perdagangan RI, Dr. Jerry Sambuaga dalam sambutannya mengungkapkan bahwa banyak program UMKM dan digitalisasinya yang dapat disinergikan dengan pemerintah daerah termasuk Kota Malang.

“Selamat atas terselenggaranya Malang City Expo. Tentunya banyak program-program tentang UMKM yang dapat disinergikan dengan Kemendag. Juga terkait dengan digitalisasi yang nanti bisa kami sinergikan. Kami siap untuk melakukan upaya-upaya untuk memperkuat itu. Dan ini menjadi dasar bagi kami di pusat khususnya Kemendag untuk memastikan supaya program-program dapat berjalan dengan maksimal,” ungkap Wamendagri.

Apresiasi atas digelarnya Malang City Expo 2023 juga disampaikan Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil RI M.IE Aufrida Herni Novieta, SP. “Kegiatan Malang City Expo ini bagus sekali karena basisnya adalah kolaborasi, sinergi dan kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lembaga-lembaga untuk pemberdayaan UMKM supaya naik kelas, mandiri dan berdaya saing,” jelasnya.

Senada, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengungkapkan bahwa sinergi dengan pemerintah pusat untuk mendorong UMKM ini terus menerus dilakukan. Diantaranya dengan menguatkan kolaborasi dengan Kemendag RI, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) RI, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) RI dalam kegiatan Malang City Expo 2023.

“Selain dalam rangka memperingati HUT ke-109 Kota Malang, kegiatan ini juga menandai pertumbuhan dan gerakan cinta UMKM serta produk lokal. Selain itu juga sebagai penanda bergeraknya ekonomi mikro,” beber pria berkacamata tersebut.

Lebih lanjut Sutiaji mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Malang tahun 2022 mencapai level tertinggi dalam 12 tahun terakhir yakni sebesar 6,32 persen. Menurutnya momentum baik dalam pertumbuhan ekonomi ini merupakan kerja keras pemerintah pusat, pemerintah daerah serta termasuk para pelaku UMKM.

“Tergambar dalam tema HUT ke-108 Kota Malang yaitu Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan. Mandiri dari segi pertumbuhan ekonomi, insyaallah kita sudah menuju mandiri fiskal. 17 subsektor ekonomi kreatif bergerak secara simultan. Tangguh ekonomi serta tangguh identitas. Kegiatan baik yang telah ditanam oleh pendahulu kita harus kita lanjutkan, karena kehidupan kita harus gayung bersambut. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, kita kuatkan untuk menjaga bagaimana inflasi terkendali, menjaga daya beli masyarakat. Selain itu juga meningkatkan untuk berbelanja produk lokal dan produk UMKM,” urainya.

Kegiatan Malang City Expo 2023 ini akan berlangsung dari tanggal 9 – 12 Maret 2023 diikuti kurang lebih 59 stan pameran yang terdiri dari instansi kementerian/lembaga tinggi negara, BUMN, BUMD, pemerintah daerah melalui perangkat daerahnya, serta para pelaku UMKM.
Turut hadir pada pembukaan Malang City Expo 2023 adalah perwakilan Kemenkomarves, Forkopimda Kota Malang, Sekretaris Daerah Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang, kepala perangkat daerah dan jajaran di lingkungan Pemkot Malang, serta lembaga-lembaga terkait.