Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
24/02/2024
CITILIVE

Kota Malang Raih Penghargaan Tingkat Nasional: Kabupaten Kota Sehat dan STBM Award 2023

  • November 30, 2023
  • 2 min read
Kota Malang Raih Penghargaan Tingkat Nasional: Kabupaten Kota Sehat dan STBM Award 2023

CITILIVE– Malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Kabupaten/Kota Sehat (Swasti Saba) dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2023 menasbihkan Kota Malang menjadi salah satu kota peraih penghargaan. Penghargaan tertinggi di bidang kesehatan tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM di Grand Ballroom Kempinski Hotel, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Melansir Malangkota.go.id, Di ajang ini Kota Malang meraih Penghargaan Kabupaten Kota Sehat (KKS) Swasti Saba Wiwerda dan Terbaik I Tingkat Madya Penghargaan STBM Award 2023. “Ini (penghargaan) patut kita syukuri. Tentu apresiasi saya sampaikan kepada Dinas Kesehatan dan perangkat daerah yang bersinergi dan berkolaborasi secara baik. Apresiasi kami berikan pula kepada Forum Kota Sehat Kota Malang, semua komunitas peduli lingkungan dan kesehatan serta warga Kota Malang secara menyeluruh. Ini teraih karena kerja bersama,“ jelas Pj. Wali Kota Malang usai menerima penghargaan.

Ditekankan oleh Pj. Wali Kota Malang yang masa kecilnya berada di kawasan Bareng Bandar Angin (Bareng Kulon) ini, semua penghargaan yang diraih Kota Malang harus diletakkan sebagai motivasi dan pemacu semangat untuk terus maju, berkarya serta berinovasi bagi kemajuan daerah.

Sebagaimana dilansir laman Kementerian Kesehatan, bahwa program Kabupaten Kota Sehat melibatkan 21 Kementerian dan Lembaga. Hal ini memberi gambaran akan strategisnya program KKS. Dalam progresnya, dari 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, baru 364 Kabupaten/Kota yang masuk dalam kategori KKS.

Adapun program STBM didorong untuk terpenuhinya sanitasi yang sehat, terpenuhinya kebutuhan air bersih serta lingkungan yang mendukung, termasuk stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan.

Sementara itu Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Dr. Maxi Rein Rondonuwu melaporkan ada tujuh provinsi peraih penghargaan, 136 kabupaten/Kota penerima Swasti Saba yang meliputi 27 Kabupaten/Kota penerima Swasti Saba Wistara, 34 Kabupatèn/Kota penerima Swasti Saba Wiwerda, dan 75 Kabupaten/Kota peraih Swasti Saba kategori Padapa.

Untuk peraih STBM Award 2023 ada 33 Kabupatèn/Kota, meliputi 20 Kabupaten/Kota meraih STBM Pratama, sembilan Kabupaten/Kota meraih STBM Madya, dan empat Kabupaten/Kota meraih STBM Paripurna.

Tampak hadir sekaligus menyerahkan penghargaan KKS dan STBM Award ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro. (wid/yon)