Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
CITILIVE

Imigrasi Malang Luncurkan Inovasi “Lentera Keimigrasian” dan “Community Watch”

  • Juni 6, 2024
  • 2 min read
Imigrasi Malang Luncurkan Inovasi “Lentera Keimigrasian” dan “Community Watch”

CITILIVEKantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang memperkenalkan dua inovasi baru, yaitu “Lentera Keimigrasian” dan “Community Watch”, yang bertujuan untuk meningkatkan edukasi dan pengawasan terhadap warga negara asing yang tinggal dan beraktivitas di Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Malang, Galih Priya Kartika Perdhana, menyatakan bahwa kedua program ini merupakan langkah strategis dari Imigrasi Malang untuk memperkuat edukasi dan pengawasan. “Kedua program ini adalah langkah strategis dalam meningkatkan edukasi dan pengawasan terhadap warga negara asing yang tinggal dan beraktivitas di Indonesia,” ujarnya.

“Lentera Keimigrasian” merupakan singkatan dari Layanan Edukasi Literasi Peraturan Keimigrasian. Inovasi ini menyediakan informasi bagi orang asing dan penjaminnya mengenai peraturan dan kebijakan keimigrasian. Dengan nama “Lentera” yang berarti pelita atau penerang, layanan ini diharapkan dapat memberikan edukasi yang komprehensif tentang peraturan keimigrasian kepada penjamin dan orang asing.

“Tujuan dari Lentera Keimigrasian adalah menciptakan pola pengawasan keimigrasian yang lebih berwibawa dan informatif,” jelasnya.

Program kedua, “Community Watch”, adalah bentuk pengawasan dan penindakan keimigrasian yang berbasis laporan masyarakat melalui media sosial. Program ini melibatkan masyarakat secara langsung dalam pengawasan keimigrasian, memberikan saluran bagi masyarakat untuk melaporkan aktivitas mencurigakan atau pelanggaran keimigrasian yang ditemukan di lingkungan mereka. Program ini menggabungkan teknologi dan partisipasi publik.

Dengan adanya Lentera Keimigrasian dan Community Watch, Galih berharap pengawasan terhadap warga negara asing di Indonesia dapat menjadi lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat dan warga negara asing tentang pentingnya mematuhi aturan. “Ini juga menjadi bukti komitmen kami dalam menciptakan lingkungan yang tertib dan aman bagi semua pihak,” tambahnya.

Baca Juga:  Buntut Tragedi Kanjuruhan, Aremania Demo Lagi

Dilansir dari antaranews.com, Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur, Herdaus, memberikan apresiasi terhadap inovasi Kantor Imigrasi Malang. Menurutnya, kedua program ini tidak hanya memperkuat pengawasan keimigrasian tetapi juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kami berharap inovasi ini dapat menjadi contoh bagi kantor imigrasi lainnya di Indonesia,” tuturnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *