Departemen Sejarah UM Gelar Karya 2024: Fokus Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan Mahasiswa
CITILIVE – (13/05) Departemen Sejarah UM mengadakan acara tahunan rutin berupa Gelar Karya, yang untuk tema tahun ini lebih mengusung kepada “Manifestasi Kreativitas Mahasiswa Berbasis Sustainable Historical Industries”. Untuk pagelaran karya itu sendiri dilakukan selama 2 hari, mulai tanggal 13-14 Mei 2024.
Acara kali ini seru, karena mengusung tema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan terfokus pada kekreativitasan mahasiswa sejarah itu sendiri. Acara ini memang ditujukan untuk warga FIS UM, dan khususnya mewadahi mahasiswa prodi Pendidikan Sejarah.
Dokumentasi Pribadi Salah Satu Dosen Sejarah UM
Hal ini berkaitan dengan tugas semester akhir. Pameran karya ini memang dibuat oleh mahasiswa sejarah UM itu sendiri. Acara Gelar Karya ini dilaksanakan di lobi FIS Gedung A6, Fakultas Ilmu Sosial. Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Pelaksana Gelar Karya, Chandra Wahyu Widianto, dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Ari Sapto, M.Hum., serta pemotongan putu lanang yang diikuti oleh semua dosen dan tenaga kependidikan Departemen Sejarah.
Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas, termasuk Unesa, Untirta, Unimed, Universitas Siliwangi, Unej, Universitas PGRI Banyuwangi, Universitas Ahmad Dahlan, UIN Tulungagung, dan Untag Surabaya. Secara keseluruhan, terdapat 122 karya yang telah di submit dalam tiga kategori, yaitu Business Plan, Produk Kewirausahaan, dan Media Pembelajaran. Rinciannya adalah 33 karya di kategori Produk Kewirausahaan, 55 Poster Media Pembelajaran, dan 34 karya dalam kategori Business Plan.
Dokumentasi Pribadi Salah Satu Dosen Sejarah UM
Dilansir dari web resmi Sejarah UM, Gelar Karya ini menentukan tiga juara untuk masing-masing dari enam kategori, yaitu 1) Kewirausahaan (Barang), 2) Kewirausahaan (FnB), 3) Business Plan, 4) Media Pembelajaran, 5) Bahan Ajar, dan 6) Media dan Bahan Ajar Terfavorit.
Acara utama hari pertama adalah pameran produk kewirausahaan yang mendapat antusiasme tinggi dari berbagai kalangan. Pada hari kedua, diadakan pameran poster media pembelajaran baik digital maupun non-digital. Di hari terakhir, para finalis Business Plan mempresentasikan karya mereka.