Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/04/2024
POPLIVE

Kiat Dari Lulusan Bangkit Agar Segera Dilirik Perusahaan Terkemuka Pasca Kuliah

  • Juli 28, 2023
  • 2 min read
Kiat Dari Lulusan Bangkit Agar Segera Dilirik Perusahaan Terkemuka Pasca Kuliah

SPOOTLIVE – Lulusan Bangkit 2022, Christell James Cellose (22) yang juga lulusan Institut Teknologi Harapan Bangsa di Bandung, menekankan bahwa penting bagi mahasiswa untuk mulai memanfaatkan peluang menambah pengetahuan dan keahlian sejak masih di bangku universitas.

Berikut beberapa tips untuk mempersiapkan diri mencari kerja di perusahaan yang diinginkan:

  1. Terus aktif mencari peluang
    Sebagai mahasiswa jurusan Sistem Informasi, James menyadari pentingnya memperluas ilmu yang dipelajari dan menambah pengetahuan di luar apa yang diajarkan di universitas.

“Mendorong diri untuk terus aktif dapat memacu kita untuk menjadi ahli teknologi yang diandalkan. Dengan cara ini, kita akan mampu menggali potensi dan membangun kepercayaan diri untuk berani berkolaborasi dan berinovasi,” terang James.

  1. Ikuti program sertifikasi untuk meningkatkan keahlian praktis
    Salah satu alasan mengapa James mengikuti program Bangkit adalah peluang memperoleh sertifikasi global dan juga pengalaman menjalani proyek akhir (Capstone Project) dengan perusahaan teknologi ternama.

Di Bangkit, James dan beberapa rekannya mendapatkan kesempatan untuk menjalani proyek dibawah bimbingan Traveloka Singapura. James mampu menerapkan teknologi Machine Learning dalam menyajikan rekomendasi yang paling akurat bagi perusahaan.

“Selain umpan balik konstruktif dari para mentor, kami juga mempresentasikan ide kami kepada para pemangku kepentingan perusahaan secara langsung,” terang James.

“Ini menjadi pengalaman berharga bagi kami dalam membuktikan kemampuan dan kesiapan kami menghadapi situasi dunia kerja nyata.”

  1. Konsistensi itu penting
    Konsistensi adalah suatu keharusan. Ketika mengikuti program Bangkit, James sempat menghadapi kesulitan untuk menguasai materi yang diajarkan. Namun, kegigihan dan kehadiran mentor membantu James pantang menyerah dalam menyelesaikan tantangan yang dihadapi.

“Kita harus konsisten setiap saat dan fokus dengan tujuan. Sedikit kemajuan lebih baik daripada mengejar kesempurnaan,” ujar James.

Baca Juga:  7 Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit Wajah Check!

Bagi James yang bekerja sebagai data scientist di MNC Vision+, pengalaman belajar, mendapat sertifikasi, hingga tugas akhir bersama Traveloka Singapura sangat membantu dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja, sehingga lebih percaya diri, dan juga stand out di antara banyaknya tech talent yang lain.