NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
02/10/2022
ME-TIME

Atasi Rambut Rontok Saat Menyusui Dengan Cara Ini

  • April 16, 2021
  • 3 min read
Atasi Rambut Rontok Saat Menyusui Dengan Cara Ini

Anda sedang menyusui dan mengalami rambut rontok? Simak tips berikut untuk mengatasai kerontokan rambut bagi ibu menyusui!

RAGAM, malangpost.id – Ketika seorang wanita hamil, perubahan tidak hanya terjadi pada tubuh, namun juga hormon. Saat melahirkan dan memasuki masa menyusui, perubahan hormon bisa mengakibatkan rambut rontok. Kerontokan ketika menyusui bisa dialami oleh hampir semua ibu menyusui di dunia.

Baca juga: Tips Mengatasi Stretch Mark Pada Ibu Hamil

Meskipun kerontokan rambut saat menyusui adalah hal yang alami, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok. Simak terus yah infonya!

1. Konsumsi makanan bergizi

Menjaga pola makan sehat memberikan banyak manfaat dalam tubuh ibu meyusui, termasuk kesehatan rambut. Untuk menjaga rambut tetap sehat, konsumsilah makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Juga makanan yang berprotein tinggi, seperti daging merah, ikan, telur, dan susu. Vitamin, mineral, serta zat besi, dan zinc juga sangat dibutuhkan untuk mengurangi rambut yang rontok.

2. Hindari keramas terlalu sering

Tahukah Anda, kalau mencuci rambut terlalu sering dapat menyebabkan kadar minyak pada rambut berkurang? Dengan berkurangnya kadar minyak, rambut rentan mengalami kerontokan. Disarankan untuk keramas dua atau tiga hari sekali.

3. Gunakan sampo khusus

Untuk mengatasi rambut rontok ketika menyusui, Anda bisa menggunakan sampo khusus perawatan rambut khusus untuk mengatasi rontok. Sampo yang diciptakan untuk mengatasi sekaligus memperbaiki kerontokan umumnya bekerja dengan menguatkan akar rambut.

4. Memakai kondisioner

Untuk membantu menguatkan akar rambut, gunakanlah vitamin rambut atau kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo. Jika sampo berfungsi membersihkan rambut, kondisioner dapat menutrisi dan menjaga kelembaban rambut agar tidak mudah rontok.

5. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut dengan ikatan yang terlalu kuat bisa menyebabkan rambut mudah rontok. Hal ini karena ikatan yang terlalu kencang bisa menyebabkan akar rambut tertarik keras.

6. Menyisir rambut sebelum tidur

Agar pertumbuhan rambut tidak terganggu, sebaiknya Anda tidak membiarkan rambut dalam keadaan kusut atau terlalu lama diikat. Sempatkanlah untuk menyisir rambut sebelum tidur untuk mengurai rambut kusut.

7. Oleskan lidah buaya pada rambut

Lidah buaya atau aloe vera dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi kerontokan rambut dengan melembabkan dan memperkuat akar rambut agar tidak mudah rapuh. Anda bisa menggunakan lidah buaya berbentuk kemasan atau pun daun lidah buaya segar yang baru dipetik. Oleskan gel lidah buaya ke akar rambut lalu bilas hingga bersih.

8. Potong rambut jadi pendek

Anda bisa memotong pendek rambut untuk mengatasi rontoknya rambut ketika menyusui. Wanita dengan rambut panjang cenderung mengikat rambut yang justru meningkatkan risiko kerontokan rambut. Jika tidak ingin memotong rambut, sebaiknya rambut digelung atau dijepit saja.

9. Kurangi penggunaan alat penata rambut

Anda sebaiknya mengurangi atau menghindari pemakaian alat penata rambut, seperti catok, hair dryer, atau pengeriting selama rambut Anda rontok. Anda bisa menggunakan kipas angin sebagai pengganti hair dryer untuk mengeringkan rontok. Perhatikan juga untuk menyisir rambut dengan perlahan agar tidak kusut dan bertambah rontok.

10. Hindari dan kelola stres

Menjadi ibu tentunya tidak mudah dan cukup melelahkan. Namun, cobalah untuk mengelola stres Anda untuk mengurangi rontoknya rambut. Anda bisa melakukan hal-hal yang disukai atau istirahat sejenak untuk menghilangkan rasa stres.

Itu tadi beberapa tips mengatasi rambut yang rontok ketika menyusui. Jika Anda mengalami kerontokan yang sangat parah, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. (ds3)