Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
25/05/2024
CITILIVE

Longsor Di Kelurahan Mulyorejo Kota Malang

  • Mei 1, 2023
  • 2 min read
Longsor Di Kelurahan Mulyorejo Kota Malang

CITILIVE- Bencana alam tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (29/4/2023) di Jalan Pahlawan RT 1 RW 6 Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun Kota Malang dipicu oleh cuaca ekstrem yaitu hujan yang turun dengan intensitas tinggi.

Hujan intensitas tinggi pada Jumat (28/4/2023) sore di Kota Malang membuat debit dan arus sungai meningkat sehingga menggerus tanah di tepi sungai perbatasan antara Jalan Pahlawan dan Jalan Rawisari. Dampaknuya, Sabtu (29/04/2023) sore terjadilah tanah longsor yang mengakibatkan rumpun bambu di atasnya ikut longsor.

Melansir Malangkota.go.id, Hal itu disampaikan Analis Mitigasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Cornellia Selvyana Ayoe, SE, MM, Minggu (30/4/2023). Ditambahkannya, longsoran ini menimpa atap rumah bagian belakang milik Pak Heroe di Jalan Rawisari Gg. I berukuran ± 4 x 2 meter. Dari kejadian ini, kata dia, dipastikan tidak ada korban jiwa.

Adapun yang terdampak kerusakan dari bencana ini, Selvy menerangkan meliputi material tanah berukuran panjang ± 15 meter dan tinggi ± 2 meter longsor, atap rumah bagian belakang milik Pak Heroe berukuran ± 4 x 2 meter rusak. “Rumpun bambu ambrol menutupi badan sungai dan di kawasan ini rawan terjadi banjir karena aliran sungai tertutup material longsor,” urainya.

Dari kejadian ini, Selvy mengatakan pihaknya meneruskan laporan ke DLH Kota Malang untuk pembersihan rumpun bambu, serta berkoordinasi dengan perangkat Kelurahan dan Kecamatan setempat dan berkoordinasi dengan Satgas GASS Kecamatan Sukun.

Sedangkan upaya lain yang dilakukan yaitu melakukan asesmen terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian dan giat kerja bakti pembersihan material longsor oleh warga sekitar. “Kami mengimbau kepada warga untuk selalu waspada terhadap bencana di sekitar lokasi tempat tinggalnya, karena hingga saat ini cuaca terkadang ekstrem,” ungkap Selvy.

Baca Juga:  PT CKS Hadirkan Dua PMI, Ini Kata Mereka

Jika ada indikasi akan terjadi bencana, warga dapat menghubungi pusat layanan dan call center Pusdalops BPBD Kota Malang di telp/fax: (0341) 714844 – SMS, WA & Telegram: 0811 3770 502 – RX: 169.775 – TX : 164.775 – TONE : T-CTSS 103.5. Email: pusdalopskotamalang@gmail.com, website: https://bpbd.malangkota.go.id, Facebook: facebook.com/bpbdmalangkota, Twitter: @bpbd_malangkota dan Instagram: @bpbd_malangkota.