Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
14/07/2024
CITILIVE

Karate Kid MIN 2 Kota Malang Gelar Uji Kenaikan Sabuk

  • Juni 24, 2023
  • 2 min read
Karate Kid MIN 2 Kota Malang Gelar Uji Kenaikan Sabuk

CITILIVE – Seni beladiri Karate merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari siswa di karate kid MIN 2 Kota Malang (MINDATAMA).

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya peminat yang memilih kegiatan ekstrakurikuler ketika pembelajaran di Madrasah berakhir. Di akhir tahun ajaran, mereka akan menjalani uji kenaikan sabuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu (24/06/2023) di Hall MIN 2 Kota Malang.

Sebanyak 30 peserta ekstrakurikuler karate dari kelas 3,4 dan 5 semua mengikuti kegiatan tersebut.

Tentunya tidak semua peserta ekstrakurikuler karate berhak mengikuti ujian kenaikan sabuk. Sebelumnya selama 1 (satu) tahun mereka sudah menjalani rangkaian latihan pukulan, kuda-kuda, tendangan dan berbagai macam teknik sebelum menjalani uji kenaikan sabuk.

Tidak hanya untuk bela diri, kegiatan ekstrakurikuler karate juga dapat melatih fisik agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Pelatih ekstrakurikuler Karate Kid MIN 2 dibina oleh Senpai Daven. Beliau sangat bangga melihat antusiasme para peserta uji kenaikan sabuk ini.

Beliau menuturkan “selama latihan berlangsung, mereka sangat antusias, semuanya mematuhi arahan pelatih. Hingga akhirnya berhak mengikuti uji kenaikan sabuk ini. Terima kasih saya ucapkan kepada teman teman dari Dojo Putra Yuda, Madrasah dan wali siswa atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terwujud. ”

Dalam uji kenaikan sabuk ini, selain gerakan dan teknik dalam karate, peserta juga diuji dengan pengetahuan seputar Karate. Misalnya saja istilah dalam karate, nama sebuah teknik dalam karate dan lain-lain.

Bagi peserta yang lulus uji kenaikan sabuk ini, mereka akan mendapatkan sebuah sertifikat dari FORKI (Federasi Olah Raga Karate Indonesia) dan berhak mengenakan sabuk kuning.

Sabuk kuning melambangkan matahari yang bersinar, dan bermakna bahwa seorang karateka yang sudah berhasil menyambut hari baru tau sudah bisa melangkah menuju materi yang baru setelah melewati sabuk putih.