Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
14/07/2024
CITILIVE

Asesmen Forum Anak di Kelurahan Purwantoro Kota Malang

  • September 15, 2023
  • 2 min read
Asesmen Forum Anak di Kelurahan Purwantoro Kota Malang

CITILIVE- Yayasan Indonesia Ramah Anak (Mitra Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI) melakukan asesmen kepada forum anak di Kota Malang, salah satunya Forum Anak Kelurahan Purwantoro. Asesmen ini dilaksanakan di Rumah Langit RW. 09 Jl. Bauksit, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Bimbing, Kota Malang, Selasa (12/9/2023).

Melansir malangkota.go.id, Asesmen Forum Anak ini di laksanakan untuk penilaian Forum Anak Tingkat Kelurahan. Forum Anak sendiri sebagai wadah bagi lingkungan untuk aspirasi anak di lingkungan tempat tinggal. Forum Anak memiliki tujuan yaitu 2P, Pelapor dan Pelopor yang di galakkan untuk mengajak anak-anak menjadi contoh atau teladan dan menjadi pelapor terhadap tindakan yang kurang baik di lingkungan sekitar dan sesuai dengan undang-undang.

Kegiatan ini di laksanakan bersama dengan anggota Forum Anak Kelurahan Purwantoro atau lebih di kenal dengan FAKTOR. Dimana berbagai materi pengetahuan tentang Forum Anak Indonesia dan permasalahan yang terjadi pada anak di peroleh pada kegiatan ini. Anggota Forum Anak sendiri yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak sepuluh anak dari berbagai perwakilan RW dari Kelurahan Purwantoro. Anggota Forum Anak turut aktif dalam kegiatan ini. Aktivitas berupa berbagi pengalaman sebagai anak dan anggota Forum Anak.

Sharing Forum Anak Indonesia bersama Ayah Taufiq dan Bunda Endang

Kegiatan di awali dengan sharing tentang Forum Anak di Indonesia bersama Ayah Taufiq dan Bunda Endang. Di lanjutkan dengan diskusi anggota FAKTOR tentang menganalisa SWOT yang terjadi di lingkungan Kelurahan. Tidak hanya diskusi, pemaparan dan sesi tanya jawab juga di lakukan agar dapat memecahkan permasalahan yang di temukan oleh anggota FAKTOR.

Selain itu, anggota FAKTOR mendiskusikan permasalahan anak yang kerap terjadi di lingkungan kelurahan. Kemudian di lanjutkan sesi diskusi bersama dan juga dipandu oleh ayah serta bunda sehingga permasalahan-permasalahan mendapat titik terang.

Baca Juga:  Kemenristekdikti RI Gencarkan Kampanye Sekolah Sehat

Baca Selengkapnya: Forum Diskusi “Njagong Bareng” Dorong Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Batu

Setelah berdiskusi, tim Kementerian dan anggota FAKTOR mengunjungi taman edukasi anak yang berada di lingkungan Kelurahan Purwantoro. Taman edukasi ini berisi budidaya ikan yang di bangun dan di kelola oleh salah satu RW sebagai tempat edukasi bagi masyarakat. Taman edukasi ini menarik bagi masyarakat, utamanya anak yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan memiliki hobi dan minat terhadap budi daya sehingga dapat menjadi sarana yang sangat cocok.

Kelurahan Purwantoro tentunya memiliki berbagai keunggulan dan lingkungan yang ramah anak. Berbagai sarana dan prasarana tersedia untuk mengayomi dan menjadi ajang edukasi pengembangan minat bakat anak. Diwadahi dengan adanya organisasi Forum Anak yang aktif harapannya dapat mendukung perkembangan anak khususnya di lingkungan Kelurahan Purwantoro.

1 Comment

  • zoloft capsule canada

Comments are closed.