Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
20/04/2024
CITILIVE

Ada Kejadian Gawat di Malang ? Hubungi 112 Saja!

  • Maret 25, 2021
  • 3 min read
Ada Kejadian Gawat di Malang ? Hubungi 112 Saja!

BALAIKOTA, Malangpost.id – Pemerintah kota malang terus berbenah dalam upaya meningkatkan kualitas layanan demi memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. Salah satu pembenahan yang dilakukan ialah diluncurkannya layanan Ngalam 112 pada April 2020 lalu, April tahun ini tepat satu tahun Layanan Panggilan Darurat ini sudah diberikan kepada masyarakat Kota Malang. Layanan yang berpusat di Balaikota Malang ini merupakan hotline terpusat untuk melayani seluruh kejadian gawat darurat yang terjadi di wilayah kota Malang.

Moh. Sidik selaku Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatik) ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, layanan Ngalam 112 terus beroperasi selama 24 jam. Mengingat tugasnya yang bersifat melayani tindakan gawat darurat yang membutuhkan pelayanan cepat, sehingga layanan ini terus dijalankan tanpa henti demi memaksimalkan pelayanannya.

Guna mendukung secara maksimal, Ngalam 112 turut didukung pula dengan penempatan 16 petugas yang dibagi menjadi tiga shift, dengan masing-masing waktu shift sepanjang 8 jam kerja. Sehingga layanan Ngalam112 ini selalu siap melayani masyarakat. “Sampai hari minggu pun mereka bertugas, hari besarpun bertugas” Ucap Sidik.

Tidak berhenti sampai disitu, Sidik turut menjelaskan jika 112 ini memang ditujukan sebagai wadah untuk menampung pengaduan kejadian gawat darurat masyarakat di Kota Malang. Sehingga pengaduannya dapat terpusat di 112. Hal ini tentunya memudahkan masyarakat apabila menemui kejadian yang membutuhkan respon cepat petugas. Masyarakat tidak perlu lagi menghafal satu – persatu nomor dari dinas terkait. Cukup menghubungi 112 saja, bisa digunakan untuk seluruh layanan. “Bahwa daerah yang sudah mempunyai layanan 112 ini, menjadikan layanan 112 ini sebagai muara utamanya untuk semua peraduan yang ada di daerah tersebut. Jadi semua aduan kejadian gawat darurat masyarakat itu muaranya ke 112.” Lanjut Sidik.

Baca Juga:  Pelatihan Komunikasi Efektif Kader Posyandu

Secara umum, layanan Ngalam 112 memiliki berbagai kategori yang dapat dilayani. Diantaranya ialah Kebakaran, Kerusuhan, Kecelakaan, Bencana alam, Penanganan gangguan kesehatan, serta berbagai keadaan darurat lainnya berupa layanan Ambulan, penangan terorisme, pohon tumbang, penanganan hewan buas, konstruksi, serta penanganan limbah dan orang dengan ganguan jiwa (odgj). “Jadi sebegitu kompleksnya jenis kriteria layanan kedaruratan yang kita tangani dalam layanan 112.” Tutur Sidik.

Dalam upaya melengkapi pelayanan kepada masyarakat, layanan 112 ini pun sudah bekerja sama dengan PLN (Perusahaan Listrik Negara), PMI (Palang Merah Indonesia), dan Polresta Malang. Hal ini disebabkan instansi tersebut, secara struktural berada di luar kewenangan Pemkot Malang. “Dalam melaksanakan tugasnya, dinas kominfo itu hanya menyalurkan atau meneruskan aduan dari masayarakat itu melalui saluran telepon 112 kepada stakeholder yang sesuai dengan jenis pengaduan yang dilaporkan” Jelas Sidik.

Ketika ditanyakan lebih lanjut mengenai pola kerja dari Ngalam112, Sidik menjelaskan jika Ngalam112 tidak sekedar menjadi penghubung. Namun juga dapat memberikan feedback atas laporan kejadian yang disampaikan masayarakat. Sehingga, pihaknya turut mengajak agar masyarakat dalam menggunakan layanan ini tidak menyembunyikan identitas penelepon agar dapat menerima feedback atas laporan yang disampaikannya.

1 Comment

  • Cool website!

    My name’s Eric, and I just found your site – malangpost.id – while surfing the net. You showed up at the top of the search results, so I checked you out. Looks like what you’re doing is pretty cool.

    But if you don’t mind me asking – after someone like me stumbles across malangpost.id, what usually happens?

    Is your site generating leads for your business?

    I’m guessing some, but I also bet you’d like more… studies show that 7 out 10 who land on a site wind up leaving without a trace.

    Not good.

    Here’s a thought – what if there was an easy way for every visitor to “raise their hand” to get a phone call from you INSTANTLY… the second they hit your site and said, “call me now.”

    You can –

    Talk With Web Visitor is a software widget that’s works on your site, ready to capture any visitor’s Name, Email address and Phone Number. It lets you know IMMEDIATELY – so that you can talk to that lead while they’re literally looking over your site.

    CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to try out a Live Demo with Talk With Web Visitor now to see exactly how it works.

    Time is money when it comes to connecting with leads – the difference between contacting someone within 5 minutes versus 30 minutes later can be huge – like 100 times better!

    That’s why we built out our new SMS Text With Lead feature… because once you’ve captured the visitor’s phone number, you can automatically start a text message (SMS) conversation.

    Think about the possibilities – even if you don’t close a deal then and there, you can follow up with text messages for new offers, content links, even just “how you doing?” notes to build a relationship.

    Wouldn’t that be cool?

    CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to discover what Talk With Web Visitor can do for your business.

    You could be converting up to 100X more leads today!
    Eric

    PS: Talk With Web Visitor offers a FREE 14 days trial – and it even includes International Long Distance Calling.
    You have customers waiting to talk with you right now… don’t keep them waiting.
    CLICK HERE https://talkwithwebvisitors.com to try Talk With Web Visitor now.

    If you’d like to unsubscribe click here http://talkwithwebvisitors.com/unsubscribe.aspx?d=malangpost.id

Comments are closed.