Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
25/05/2024
SPOOTLIVE

Mengenal Lebih Dekat Tradisi Ramadhan di Malang

  • Maret 21, 2024
  • 2 min read
Mengenal Lebih Dekat Tradisi Ramadhan di Malang

Ramadhan, bulan suci bagi umat Islam, tidak hanya menjadi waktu untuk berpuasa, tetapi juga sarat dengan tradisi dan kegiatan yang memperkaya pengalaman spiritual dan budaya.

Kota Malang, yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, memiliki kekayaan tradisi Ramadhan yang unik dan khas. Mari kita telusuri lebih dalam tentang tradisi Ramadhan yang memikat di kota ini.

1. Sajian Kuliner Khas Malang

Di bulan Ramadhan, Malang menjadi surganya para pecinta kuliner. Pasar-pasar tradisional seperti Pasar Besar dan Pasar Banteng menjadi pusat kuliner yang ramai dengan berbagai hidangan khas Ramadhan.

2. Keunikan Malam Takbiran

Malam takbiran di Malang memiliki keistimewaan tersendiri. Puluhan ribu umat Muslim berkumpul di masjid-masjid dan lapangan terbuka untuk mengumandangkan takbir dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

3. Pawai Obor

Sebagai bagian dari tradisi Ramadhan, pawai obor menjadi atraksi yang tak boleh dilewatkan di Malang. Anak-anak dan remaja membentuk barisan dengan membawa obor yang dinyalakan, sambil melantunkan takbir dan doa-doa.

4. Kegiatan Keagamaan

Selain ibadah puasa dan shalat tarawih, Malang juga menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan yang memperdalam pemahaman agama Islam. Mulai dari ceramah agama, pengajian, hingga tadarusan Al-Qur’an.

5. Spirit Kepedulian Sosial

Tradisi Ramadhan di Malang juga ditandai dengan semangat kepedulian sosial yang tinggi. Banyak lembaga dan organisasi sosial mengadakan kegiatan amal seperti pembagian takjil kepada masyarakat kurang mampu.

Bulan Ramadhan di Malang tidak hanya sekadar ibadah dan puasa semata, tetapi juga merupakan momen untuk merayakan kekayaan budaya dan tradisi yang memperkaya pengalaman keagamaan dan sosial masyarakat.