Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
SMARTLIVE

62% Wisudawan UIN Malang Berpredikat Cumlaude

  • Mei 18, 2023
  • 2 min read
62% Wisudawan UIN Malang Berpredikat Cumlaude

SMARTLIVE – Rapat Terbuka Senat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang atau yang lebih familiar disebut Prosesi Wisuda digelar untuk yang kedua kalinya di tahun 2023, Sabtu (13/5).

Pada momen yang diselenggarakan di Gedung Sport Center tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.Ag membacakan laporan wisudawan di hadapan seluruh hadirin.

Menurut informasi yang dibacakan Prof. Umi, sebanyak 62,3% dari 800 mahasiswa yang diwisuda hari ini, lulus dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berpredikat Cumlaude.

Artinya, sebanyak 499 wisudawan, baik dari jenjang Sarjana (S1), Magister (S2), maupun Doktor (S3) mendapatkan nilai IPK di atas 3,51. Jika dirinci, jumlah peraih IPK predikat Cumlaude, yakni dari jenjang S1 sebanyak 441 mahasiswa, S2 sebanyak 55, dan S3 sebanyak 3 orang.

Dikutip dari UIN Malang pada momen wisuda kedua tahun ini, Prof. Umi mewakili rektor yang berhalangan hadir untuk meresmikan dengan simbolik kelulusan mahasiswa secara luring. Sementara itu, rektor pun turut melakukan hal yang sama secara daring, melalui video.

Masih dari laporan akademik yang dibacakan wakil rektor bidang kemahasiswaan, masa studi yang ditempuh oleh para wisudawan sangat beragam. Untuk wisudawan gelar sarjana sendiri didominasi oleh mahasiswa yang berhasil lulus dalam sembilan semester, dengan total 470 orang.

Seperti beberapa periode sebelumnya, peserta kelulusan ini masih didominasi oleh wisudawati sebanyak 477.

Sementara itu, 800 total mahasiswa yang diwisuda pada periode kedua tahun 2023, dapat dirinci sebagai berikut. Wisudawan dari jenjang sarjana berjumlah 720, jenjang magister sebanyak 71, sementara jenjang doktor sejumlah 9. Fakultas Sains dan Teknologi mendominasi jumlah peserta wisudawan kali ini dengan jumlah 291.

Baca Juga:  UTBK 2023, UI Persiapkan Fasilitas Ujian

Wajar, mengingat jumlah jurusan di fakultas tersebut juga terbilang banyak. Selanjutnya, Fakultas Humaniora yang memiliki dua jurusan mewisuda 115 mahasiswanya. Fakultas Syariah dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan masing-masing meluluskan 113 dan 107 mahasiswa-mahasiswinya. Sementara itu, Fakultas Ekonomi menghasilkan 40 lulusan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan sejumlah 34, serta Fakultas Psikologi sebanyak 20 wisudawan.

Baca juga : Cek Mekanisme PMB UIN 2023 Jalur Mandiri