Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/04/2024
POPLIVE

Tetap Bugar Selama Puasa Ramadhan? Ikuti Tips Berikut!

  • Maret 1, 2023
  • 4 min read
Tetap Bugar Selama Puasa Ramadhan? Ikuti Tips Berikut!

SPOOTLIVE – Puasa Ramadhan merupakan ibadahnya masyarakat muslim di seluruh dunia. Orang yang berpuasa diwajibkan untuk menahan diri untuk menyantap makanan dan juga minuman.

Walaupun begitu, berpuasa bukanlah menjadikan diri untuk malas-malasan apalagi melupakan makanan sehat. Karena, pada saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan seperti biasanya.

Maka dari itu, kenalilah berbagai tips puasa sehat ini untuk badan yang lebih bugar dan kuat selama bulan Ramadhan.

Ikuti tips berikut agar tubuh tetap sehat selama puasa Ramadhan

Yuk baca artikelnya sampai habis ya!

  1. Sahur dengan makanan bergizi lengkap

Makan sahur tepat waktu dan pilih menu dengan gizi lengkap merupakan salah satu cara terbaik memenuhi asupan kalori harian agar tetap fit saat berpuasa, agar tidak mudah lesu, pilih makanan 4 sehat 5 sempurna.

2. Penuhi asupan minum air putih

Walaupun pada saat puasa sobat tidak minum selama kurang lebih 14 jam, sobat sehat tetap harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama bulan Ramadan. Agar tubuh tetap terhidrasi dan sehat saat puasa.

Usahakan untuk minum 8 gelas atau 2 liter air putih. Bisa dilakukan pada saat jam buka puasa, sahur, atau di malam hari setelah tarawih. Hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi lemas saat puasa.

3. Tetap aktif bergerak

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk rebahan sepanjang hari. Para ahli bahkan menyarankan untuk tetap jalan kaki di sekitar rumah atau bermeditasi agar tubuh tetap fit.

Namun ingat, jangan gunakan terlalu banyak energi selama beraktivitas fisik agar kuat berpuasa hingga Magrib tiba.

4. Kontrol diri saat berbuka puasa

Orang yang sedang berpuasa cenderung melahap apa saja ketika beduk Magrib tiba. Padahal, hal ini bisa merugikan kesehatan Anda.

Baca Juga:  Rekomendasi Properti Cozy Untuk Workcation, Check!

Salah satunya bisa membuat perut kembung dan bisa sebabkan lelah dan kantuk setelah makan. Hal ini bisa berdampak pada kualitas ibadah kita selanjutnya.

Berbuka puasalah dengan melahap makanan secukupnya, agar tubuh tidak kaget.

5. Penuhi asupan protein

Asupan kalori tubuh umumnya berkurang saat berpuasa. Hal ini bisa menyebabkan otot-otot tubuh menyusut.

Oleh karena itu, kita perlu mengonsumsi makanan berprotein tinggi selama berpuasa. Sebab mengonsumsi makanan berprotein tinggi bisa meminimalisir otot yang menyusut.

Kita bisa mengonsumsi makanan seperti edamame (9 gram protein per satu cangkir), dada ayam (27 gram protein), dan Greek yogurt (11 gram protein).

6. Perbanyak konsumsi makanan alami

Mengonsumsi makanan alami penting dilakukan selama berpuasa, karena hal tersebut dianggap bisa mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Makanan alami yang dimaksud adalah makanan yang tidak diproses, seperti buah-buahan, sayur-mayur, serta daging sapi atau ayam yang tidak diproses ulang.

7. Lakukan olahraga ringan

Walau sedang berpuasa, olahraga tetap menjadi aktivitas yang perlu dilakukan agar tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari.

Namun, pilihlah jenis olahraga yang ringan saja, seperti jalan kaki, yoga, atau sekadar melakukan pekerjaan rumah (mencuci, menyapu, menyiram kebun).

8. Menghindari makanan dan minuman manis

Gula memang bisa memberikan energi, tapi energi yang diberikan hanya bersifat sementara. Saat kandungan gula yang dikonsumsi tadi menurun, rasa lapar dan lesu bisa kita rasakan

Kita disarankan untuk makan makanan berkarbohidrat tinggi untuk mengatasi lemas saat puasa, seperti nasi, atau kentang. Begitu pula dengan makanan berprotein tinggi, misalnya daging atau kacang-kacangan.

Jangan berlebihan mengkonsumsi makanan manis dan berkalori tinggi.

Baca Juga:  8 Hal yang Disiapkan dalam Interview Kerja secara Online

9. Hindari makanan yang mengandung minyak berlebih

Makanan seperti gorengan merupakan salah satu makanan yang lezat dimakan saat berbuka. Tapi, makanan tersebut sangat tidak sehat jika dikonsumsi secara berlebih. Maka dari itu, kurangi makan makanan dengan cara digoreng dan cobalah untuk konsumsi olahan makanan sehat.

10. Tidur yang cukup

Rasa kantuk berlebih yang kita rasakan pada saat berpuasa bukanlah disebabkan karena kurangnya asupan makanan selama seharian. Rasa kantuk yang muncul lantaran kita kurang mendapatkan istirahat yang cukup.

Pola tidur saat berpuasa akan sedikit berubah. Karena kita akan bangun lebih awal untuk sahur yang menyebabkan waktu tidur malam pun menjadi sedikit.

Beristirahatlah pada watu-waktu yang memungkinkan. Cobalah untuk tidur siang jikalau terdapat kesempatan.

Nah itu dia tips-tips menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Semoga info di atas dapat membantu agar tetap sehat dan fit selama melakukan ibadah puasa Ramadhan.