Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
CITILIVE

Pemprov Jatim Bangun Gedung Sekber Kelembagaan Hindu

  • Juni 10, 2024
  • 2 min read
Pemprov Jatim Bangun Gedung Sekber Kelembagaan Hindu

CITILIVEPemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memulai pembangunan gedung Sekretariat Bersama (Sekber) Kelembagaan Hindu di area Pura Segara Surabaya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menyatakan bahwa Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) telah berkontribusi dalam menjaga keharmonisan antarumat beragama, yang berdampak pada situasi keamanan yang kondusif di provinsi tersebut.

“Pembangunan gedung ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada umat Hindu di Jatim yang turut berperan dalam menjaga keharmonisan di masyarakat, sehingga menciptakan suasana yang kondusif,” kata Adhy saat peletakan batu pertama pembangunan gedung Sekber Kelembagaan Hindu Jatim di Surabaya, Minggu.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Jatim juga mengucapkan terima kasih kepada umat Hindu di Jatim yang turut serta dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif pada Februari 2024.

Ia mengajak seluruh pihak untuk melanjutkan kesuksesan tersebut dengan berpartisipasi dalam menjaga penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang akan digelar pada 27 November mendatang agar tetap kondusif.

Menurut Adhy, Pemprov Jatim telah menganggarkan dana untuk pembangunan Gedung Sekber Kelembagaan Hindu ini sejak tiga tahun lalu, namun mengalami kendala administrasi, sehingga dana baru bisa dicairkan tahun ini.

Dilansir dari antaranews.com, Pemprov Jatim mengalokasikan anggaran sebesar Rp4 miliar untuk PHDI Jatim. Dari jumlah tersebut, Rp3,8 miliar digunakan untuk pembangunan Kantor Sekretariat PHDI Jatim, Kantor Sekber Kelembagaan Hindu Jatim, dan Rumah Pengamanan. Sementara itu, Rp200 juta telah digunakan untuk kegiatan Dharma Santi.

Pj Gubernur Jatim menekankan bahwa keberadaan Sekber Kelembagaan Hindu dan PHDI sangat penting untuk terus menjaga partisipasi umat dalam kehidupan sosial bermasyarakat dan bernegara.

“Oleh karena itu, keberadaan gedung sekretariat ini akan sangat berpengaruh terhadap peran PHDI dan kelembagaan Hindu lainnya,” ujarnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *