NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
29/01/2023
CITILIVE

Kelenteng Eng An Kiong Kota Malang Berbenah Jelang Imlek

  • Januari 14, 2023
  • 2 min read
Kelenteng Eng An Kiong Kota Malang Berbenah Jelang Imlek

CITILIVE – Kelenteng Eng An Kiong di Jalan Martadinata, Kota Malang mulai berbenah dan bersiap menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Minggu 22 Januari 2023.

Terlihat sejumlah orang membersihkan ruangan, mengganti lilin dan lampion yang ada di Klenteng Eng An Kiong pada Jumat 13 Januari.

Tak hanya itu, terlihat juga pengecatan ulang atap dan sejumlah ornamen di klenteng tersebut.

“Kita bersih-bersih, seperti mengganti lampion dan lain-lain hingga puncak tahun baru Imlek nanti tanggal 22 Januari,” ujar Ketua Umum Klenteng Eng An Kiong Rudy Phan.

Sebelum tahun baru Imlek nanti tepatnya pada Minggu, 15 Januari 2023, umat Tri Dharma di klenteng En Ang Kiong akan melakukan sembahyang sekaligus membersihkan patung-patung.

“Sembahyang dan proses cuci patung nanti akan dimulai tanggal 15 Januari 2023,” ujarnya.

Sementara untuk sembahyang nanti akan kembali dibebaskan alias tidak ada batasan umat. Mengingat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut.

“Meski sudah dibebaskan sekarang, kami tetap menganjurkan penerapan protokol kesehatan pandemi COVID-19, terutama penggunaan masker,” tuturnya.

Selain itu, untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2023 akan diadakan beberapa atraksi seperti Barongsai, Wayang Potehi, dan bagi-bagi ribuan lontong Cap Go Meh.

“Saat pandemi lalu, tidak bisa mengadakan barongsai. Untuk tahun ini kami selenggarakan pada 21 Januari malam dan 22 Januari pagi. Setelah itu barongsainya berkeliling di restoran,” kata Rudy.

“Dua minggu setelah tahun baru, tepatnya pada 5 Februari 2023 nanti, kita akan bagi-bagi ribuan lontong Cap Go Meh sejak sore hingga selesai,” sambungnya.