NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
UPDATEKOTA

Tinjau Dampak Banjir Bandang Batu, Mensos Salurkan Bantuan

  • November 6, 2021
  • 2 min read
Tinjau Dampak Banjir Bandang Batu, Mensos Salurkan Bantuan

BATU, Malangpost.id – Jumat (5/11/2021), Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma) meninjau dampak kerusakan banjir bandang di wilayah Dusun Gintung, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Selain meninjau dampak banjir, Risma juga memberikan santunan sebesar Rp 5 juta bagi tiap korban luka dan Rp 15 juta bagi masing-masing ahli waris korban meninggal.

Kementerian sosial juga menyalurkan bantuan untuk keperluan pengungsi, mulai dari makanan cepat saji, kidsware, makanan bayi, family kit, serta tenda dan matras.

“Saya ke sini memang karena ada korban yang harus kita berikan santunan,” ungkap Risma dikutip Malangpost.id dari Antara, Sabtu (6/11/2021).

Kedatangan Risma ke wilayah terdampak banjir juga untuk meninjau kesiapan dapur umum yang dibangun pada Posko Siaga Tagana. Mengingat terdapat lima pengungsi terdampak banjir bandang di posko tersebut.

Baca Juga: Banjir Bandang Batu, Empat Korban Berhasil Ditemukan Selamat

Ia juga mendapat kabar bahwa pengungsi banjir bandang di Kabupaten Malang, jumlahnya cukup banyak, karena melanda empat desa.

Risma Berencana Mengalihkan Bufferstock

Sebab itu, Risma berencana mengalihkan bufferstock atau lumbung sosial ke wilayah terdampak banjir bandang di Kabupaten Malang.

Proses evakuasi korban meninggal. (Foto: Dok BPBD Kota Batu).

“Di sini sudah over (berlebih, red), dan pengungsi tidak terlalu banyak dan mengungsi di keluarga masing-masing. Di Malang ternyata pengungsinya banyak, maka kemudian kita akan alihkan ‘bufferstock’ ke Malang,” kata dia.

Sebelumnya, pada Kamis (4/11/2021) sekitar pukul 14.00 WIB banjir bandang menerjang wilayah Kota Batu. Terjadi akibat hujan deras mengguyur wilayah DAS (Daerah Aliran Sungai) Brantas yang terletak di lereng Gurung Arjuno.

Bencana ini menyebabkan enam wilayah terdampak, antara lain Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji; Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu; dan Dusun Beru, Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji.

Kemudian Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji; Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Kecamatan Batu; dan Dusun Gemulo, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji.

Berdasarkan laporan BPBD Kota Batu, Jumat (5/11) pukul 11.00 WIB, untuk korban luka sebanyak lima orang, tiga orang masih dalam proses pencarian petugas penyelamat. Sedangkan temuan korban meninggal ada sebanyak enam orang.

Adapun keenam korban meninggal dunia tersebut adalah Wiji warga Desa Bulukerto, Sarip warga Desa Bulukerto, Adi Wibowo warga Desa Bulukerto, Wakri warga Desa Tawangargo, Mahendra Feri warga Dusun Gintung dan Alverta Shenazia Arvisa Vindra warga Dusun Gintung.