NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
UPDATEKOTA

Realisasi Pasar Besar Kota Batu, Pemkot Batu Siapkan Lahan Relokasi bagi Pedagang

  • November 2, 2021
  • 2 min read
Realisasi Pasar Besar Kota Batu, Pemkot Batu Siapkan Lahan Relokasi bagi Pedagang

BATU, Malangpost.id – Pembangunan Pasar Besar Kota Batu akan segera direalisasikan oleh Pemerintah Kota Batu. Tempat relokasi bagi para pedagang pasar juga telah disiapkan. Sebanyak 1.191 kios kini tengah dibangun oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu dengan anggaran lebih dari 4 miliar rupiah.

Kios relokasi yang dibangun di area parkir Stadion Gelora Brantas itu, berukuran 2×2 meter dengan bahan kalsibot dan galvalum. Penempatan kios ini tidak dipungut biaya apapun. Pemerintah juga menyediakan fasilitas air dan listrik. Khusus bagi para pedagang pasar pagi, Diskumdag telah menyiapkan lahan di dalam area stadion yang dialokasikan untuk 1.097 orang pedagang.

“Stadion yang selama ini digunakan untuk sepakbola dan aktifitas lainnya, kami akan gunakan untuk relokasi. Keputusan ini tidak gegabah, ada regulasi yang memanyungi semuanya. Kami harap relokasi berjalan dengan baik dan aktifitas olahraga juga berjalan dengan baik,” kata Kepala Diskumdag Kota Batu, Eko Suhartono.

Menurut Eko, penempatan kios di area ini juga telah mempertimbangkan aktifitas lalulintas, serta kenyamanan penjual dan pembeli. Terlebih lagi Jalan Sultan Agung merupakan daerah poros yang dilewati banyak kendaraan berat, sehingga tidak memungkinkan untuk ditempati pedagang atau dilakukan pengalihan lalulintas.

Stadion Gelora Brantas sebagai Lokasi Relokasi

“Pengaturan pasar dan distribusi kita perhitungkan. Setelah dihitung matang, tidak cukup hanya di sekitar stadion. Untuk pedagang pasar induk ada di area luar stadion dan pedagang pasar pagi ada di area dalam stadion,” imbuh Eko.

Untuk pemanfaatan sarana dan prasarana Stadion Gelora Brantas sebagai lokasi relokasi, menurut Eko, telah mendapatkan SK rekomendasi dari Menpora RI. Selanjutnya, sebagai ganti sarana olahraga, Pemerintah Kota Batu telah menyiapkan alternatif lapangan yang bisa digunakan. Yaitu dengan memanfaatkan lapangan-lapangan desa yang memenuhi syarat.

Hal ini juga telah dibahas dalam audiensi antara Pengcab PSSI Kota Batu bersama Wali Kota Batu di rumah dinas Wali Kota Batu, Senin (1/11).

Terkait pemakaian alternatif lapangan pengganti, Pemerintah Kota Batu akan menyiapkan fasilitasnya. Diharapkan dengan fasilitas yang disediakan, mampu mengakomodir tempat yang representatif untuk cabang olahraga binaan KONI.

Pasca relokasi, Pemerintah Kota Batu juga akan berupaya untuk secepatnya melakukan revitalisasi Stadion Gelora Brantas. Diharapkan pada tahun 2022, konsep perencanaan sudah masuk dan bisa dipersiapkan.

(Sumber berita Diskominfo Kota Batu)