NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
06/10/2022
UPDATEKOTA

Polresta Malang Kota Kembali Raih Apresiasi Kementerian PANRB

  • Februari 18, 2021
  • 2 min read
Polresta Malang Kota Kembali Raih Apresiasi Kementerian PANRB

BALAIKOTA, malangpost.id- Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata kembali menorehkan tinta emas dalam perjalanannya mengabdi sebagai pimpinan aparat penegak hukum di wilayah Kota Malang. Setelah sebelumnya pada Desember tahun lalu Polresta Malang Kota mendapatkan predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) Republik Indonesia, kini Polresta Malang Kota meraih predikat pelayanan prima atau meraih nilai A dalam evaluasi terhadap pelayanan publik di lingkup Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro. Sehingga dalam waktu 3 bulan, praktis Polresta Malang Kota telah meraih dua penghargaan bergengsi tingkat nasional.

Evaluasi ini sendiri juga dilakukan oleh Kementerian PANRB, dengan mempertimbangkan enam aspek kunci yang dijadikan sebagai dasar penilaian Kementerian PANRB. Keenam aspek tersebut mulai dari Kebijakan Pelayanan, Profesinalisme SDM, Sarana dan prasarana, Sistem informasi pelayanan publik, Konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Dalam kesempatan ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PANRB) Tjahjo Kumolo juga kembali menegaskan visi misi pemerintah berupa reformasi birokrasi. Tjahjo juga kembali mengingatkan keinginan Presiden Joko Widodo agar aparatur pemerintahan dapat melayani masyarakat dengan cepat.

“Visi-misi Pak Jokowi dan Ma’ruf Amin adalah reformasi birokrasi. Yang diinginkan pak Presiden kecepatan aparatur pemerintah layani masyarakat, mulai Presiden, Kepala Desa, Lurah, Kapolri sampai Kapolsek, Bhabinkamtibmas, Panglima TNI dengan tiga matra sampai Koramil, Babinsa,” Tegas Menpan-RB Tjahjo Kumolo, pada Selasa (16/2) yang ditayangkan melalui kanal youtube resmi Kementerian PANRB

Dalam kesempatan ini, selain mendapatkan predikat pelayanan prima, Polresta Malang Kota juga turut mendapatkan kehormatan lain. Yakni digunakannya video pelayanan publik Polresta Malang Kota menjadi percontohan dalam penghargaan ini.

Hal ini tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi Polresta Malang Kota. Dalam kesempatan ini pula Kombespol Leonardus Simarmata turut menyampaikan jika seluruh anggota polisi di Polresta Malang Kota memang ia minta untuk membudayakan layanan yang santun kepada seluruh lapisan masyarakat.

Pihaknya yakin, jika pelayanan publik dilakukan dengan santun, tentunya dapat mengerek tingkat kepercayaan masyarakat. Baik kepada petugas di lapangan maupun terhadap kinerja yang dihasilkan. Sehingga, aparat penegak hukum dapat melaksanakan tugas nya sebagai pengayom masyarakat dengan baik. “Dengan jabatan yang saat saya sandang sebagai Kapolresta Malang Kota saya selalu berusaha untuk memberikan pelayanan publik Polri yang terbaik. Bagi masyarakat tanpa melihat status maupun jabatan yang mereka sandang,” tandas Kapolres lulusan akpol tahun 1997 ini