NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
02/10/2022
UPDATEKOTA

Malang Diguncang Gempa Dengan Magnitude 6,7 SR

  • April 10, 2021
  • 1 min read
Malang Diguncang Gempa Dengan Magnitude 6,7 SR

KANJURUHAN, Malangpost.id – Tepat pukul 14.00: 15 WIB, Sabtu, 10 April 2021, Malang Raya digoyang gempa berkekuatan M 5,0 dengan magnitude 6.7 skala richter (SR).Gempa yang berpusat di 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang, Jatim itu sempat membuat warga panik. Warga Sawojajar, Jl Kawi, Kota Malang, Junrejo, Kota Batu, Singosari, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, berhamburan keluar rumah.

Dari pantauan, beberapa kawasan di Kabupaten Malang, terutama Malang Selatan banyak rumah warga yang rusak. Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi soal korban jiwa. Menurut informasi beberapa sekolah rusak termasuk Gedung Madarasah Aliyah Negeri (MAN) Turen, rusak.Sementara akses jalan di Piket O agak terhambat, karena ada batu – batuan yang cukup besar menghalangi jalan akibat longsor.

Selain Malang Raya, gempa juga dirasakan masyarakat di Magetan, Gresik dan Nganjuk sampai Surabaya. Sampai berita ini diturunkan, Kota Malang belum ada laporan korban materiil maupun korban jiwa. Belum hilang rasa ketakutan warga, hujan deras disertai angin kencang mengguyur Kota Malang. Menurut informasi dari BMKG Karangkates, gempa itu terjadi di 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang  pada kedalaman 25 Km. Tepat di 8,95 LS  dan 112,48 BT. Gempa bumi tersebut dikatakan BMKG tidak berpotensi TSUNAMI.

Meski begitu, BMKG menyarankan agar hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.