NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
06/10/2022
UPDATEKOTA

Demi Mengurangi Kemacetan dan Mengurangi Kerumunan, Pospam Lebaran Ditambah

  • Mei 8, 2021
  • 2 min read
Demi Mengurangi Kemacetan dan Mengurangi Kerumunan, Pospam Lebaran Ditambah

BALAIKOTA, Malangpost.id – Larangan mudik yang diberlakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2021 membuat kepolisian melakukan perubahan lokasi pendirian pos pengamanan (Pospam). Salah satunya, pos pengamanan di Simpang Panji Suroso. Awalnya, pos pengamanan Simpang Panji Suroso tidak ada.

“Tahun lalu, pos tersebut ada di dalam Terminal Arjosari. Bagian dari evaluasi, karena terminal tidak beroperasi maka kami pilih lokasi disini,” ujar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardo Simarmata.

Dengan pemindahan ke lokasi Simpang Panji Suroso, diharapkan pos tersebut dapat digunakan secara maksimal dan lebih efektif.

Seperti diketahui, pos pengamanan Simpang Panji Suroso dapat digunakan untuk pengecekan kendaraan. Sewaktu-waktu kendaraan dapat dicek. Pengendara yang melintas, tinggal mengarahkan kendaraannya ke pos.

Baca juga : Pasukan Gabungan Gelar Apel Kesiapan, Larangan Mudik 2021 Diperketat

Selama ini, pos pengamanan bagian utara ada dua pos pengamanan yakni di Simpang PDAM Lama, pertigaan Jl A Yani, Jl LA Sucipto sekarang ditambah pos pengamanan Simpang Panji Suroso.

Selain di Jl A Yani, Jl LA Sucipto, Simpang Panji Suroso, Jl Jaksa Agung, Depan Stasiun Kota, pos pengamanan juga ada di Jl Basuki Rachmad.

Pengecekan Pos Pengamanan Lebaran

Sabtu (8/5/2021) Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardo Simarmata bersama Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadhona melakukan pengecekan pos pengamanan Lebaran.

“Kami melakukan pengecekan, siang hari dan malam hari. Tujuannya untuk melihat situasi dan kondisi pos pengamanan maupun kondisi keamanan wilayah Kota Malang,” jelasnya.

Pengecekan tidak hanya terhadap personil yang bertugas di pos pengamanan, tetapi juga melihat secara langsung kondisi senjata laras panjang Sabhara SB1-V2 yang digunakan personel pos pengamanan.

Dari hasil pengecekan yang dilakukannya tersebut, dirinya mengaku puas, karena seluruh personel bersiaga lengkap di pos pengamanan.

Baca juga : Jelang Idul Fitri 1442 H, Kota Batu Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021

“Beberapa yang kami cek, mulai kesiapan personel baik dari TNI, Polri, Dishub, dan Dinkes. Semuanya lengkap. Selain itu, kami juga memberikan oleh-oleh bagi personel di pos pengamanan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kombes Pol Leonardo Simarmata mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi larangan mudik Lebaran 2021, mengingat,  pandemi Covid – 19 belum berakhir.

“Kita tidak boleh lengah. Tetap selalu patuhi protokol kesehatan, dan kami imbau kepada masyarakat untuk mematuhi larangan mudik. Sebagai upaya pencegahan penularan Covid 19,” pungkasnya sambil mengatakan tidak mudik dan tetap terapkan 3 M. (sap)