NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
UPDATEKOTA

Agoeng Soedir Poetra: Berkarya di Tengah Pandemi, Luncurkan Buku Panduan untuk Model

  • November 1, 2021
  • 4 min read
Agoeng Soedir Poetra: Berkarya di Tengah Pandemi, Luncurkan Buku Panduan untuk Model

BALAIKOTA, Malangpost.id – Pandemi Covid-19 tidak mematahkan semangat Agoeng Soedir Poetra untuk tetap berkarya. Owner Color Models Inc ini menulis buku “Menjadi Model Profesional”, buku panduan bagi pemula yang menyasar remaja awal maupun orang tua yang ingin memberikan wadah ekspresi putra putri mereka di dunia modeling.  

Buku tersebut sejatinya ditulis Agoeng untuk memperingati 30 tahun dirinya berkarya di dunia modeling dan disiapkan untuk diterbitkan tahun 2020 lalu. Saat semua kegiatan offline ditiadakan, pekerjaan tertunda, fashion show tak ada, Agoeng memanfaatkan waktu luang itu untuk menulis. Setiap menyelesaikan beberapa lembar tulisan, ia mengirimkan tulisan itu ke editor bukunya, Dewi Yuhana.  “Kami meminimalisir pertemuan, sehingga kirim tulisan pun lewat WhatsApp,” ungkapnya. 

Untuk memudahkan menulis, Agoeng membuat outline daftar isi terlebih dahulu, yang menjadi pegangan dirinya dalam menentukan ulasan tulisan yang semuanya berdasarkan pengalamannya bekerja di dunia modeling selama ini. “Jadi prosesnya: saya tulis bahan buku, diedit oleh dik Hana (panggilan Dewi Yuhana, red), kami baca ulang bersama, lalu lanjut ke bab berikutnya. Begitu seterusnya sampai selesai,” tuturnya.

Potret model beserta buku karya Agoeng Soedir Poetra (Foto: Ist)

Agoeng sendiri, menurut Hana, cukup cerewet untuk layout buku yang ia kawal halaman per halaman. Ia ingin buku panduan tersebut disajikan dengan apik sehingga orang yang membacanya pun betah membaca sampai akhir. “Selain tuntutan tinggi untuk layout, keinginan Mas Agoeng yang tidak bisa ditawar adalah, buku ini harus dicetak berwarna meski efeknya membuat biaya cetak cukup tinggi. Karena memang belum ada buku panduan untuk model seperti buku ini,” kata Hana.

“Buku panduan untuk model ya harus dicetak berwarna, karena banyak berisi foto-foto contoh model dalam berbagai pose dan ekspresi. Kalau hitam putih, pesan yang ingin disampaikan kurang maksimal,” lanjut Agoeng di sela wawancara dengan wartawan.  

Namun kondisi pandemi tahun lalu yang tak kunjung melandai membuat pria yang akrab disapa Panda ini mengurungkan niat peluncuran buku tepat 30 tahun Color Models Inc. “Bukunya sudah selesai dan tinggal cetak. Tapi saat itu kasus masih tinggi, kegiatan-kegiatan offline hampir tidak ada, sehingga saya putuskan untuk menunda penerbitannya,” katanya.

Karrna itu, saat melihat kasus positif Covid-19 yang menurun dan PPKM Kota Malang di level dua membuat Agoeng gerak cepat. Agoeng memutuskan penerbitan bukunya di bulan Oktober ini yang juga menjadi bulan ultah dirinya ke-55 dan HUT ke-31 Color Models Inc. “Alhamdulillah semua dipermudah dan dilancarkan oleh Allah SWT. Proses cetak bisa dilakukan dengan cepat tanpa kendala,” ungkapnya.

Jual Buku di Marketplace

Buku yang diterbitkan oleh Deazha Publishing ini mengupas A sampai Z tentang dunia model. Apa yang harus dilakukan orang tua jika anaknya ingin menekuni dunia yang dikenal glamour ini, dan apa saja yang harus disiapkan.  Di bab awal misalnya, Agoeng menyarankan orang tua untuk menyekolahkan anaknya di Modeling School sejak dini. Ada alasan-alasan rasional kenapa Agoeng menyarankan demikian, semua ia kupas di bab tersebut.

Ada juga bahasan tentang proses yang harus dilalui model sebelum bisa ikut dalam pagelaran busana, tip dan strategi dekat dengan desainer dan siapapun yang berkecimpung di dunia fashion. Di setiap bab, Agoeng memasukkan foto-foto cantik dari para model, mulai model anak-anak, remaja hingga dewasa. Ia juga melengkapi bahasan dengan contoh composite card (Comcard) yang wajib dimiliki model namun selama ini banyak yang belum tahu apa itu comcard.

Potret Agoeng saat meluncurkan karya buku miliknya (Foto: Ist)

“Buku ini benar-benar menjadi panduan bagi model karena menyajikan step by step yang harus dilakukannya untuk sukses,” ujar Agoeng.

Melihat lifestyle masyarakat yang makin berubah ke digital selama pandemi, Agoeng memutuskan distribusi dan penjualan buku “Menjadi Model Profesional” di marketplace Shopee, sehingga orang tua dan remaja di manapun di berbagai daerah di Indonesia bisa membeli buku tersebut dengan mudah. Tinggal klik di gadget, bayar, dan buku bisa mereka terima di rumah.

“Saya berharap buku ini dapat diterima masyarakat dan benar-benar dapat menjadi panduan bagi mereka yang ingin serius menekuni dunia model,” pungkasnya.