Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
SMARTLIVE

Wisuda UIN Malang Periode III Tahun 2023, 69% Raih Predikat Cumlaude

  • Juni 28, 2023
  • 2 min read
Wisuda UIN Malang Periode III Tahun 2023, 69% Raih Predikat Cumlaude

SMARTLIVE – Sebanyak 800 mahasiswa dari berbagai fakultas Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Maliki Malang mengikuti prosesi wisuda periode III tahun 2023 pada Selasa, 27 Juni 2023 di Gedung Sport Center.

Wisudawan terdiri dari mahasiswa Program Sarjana (S1) sebanyak 549 orang, Program Profesi sejumlah 27 wisudawan, Program Magister (S2) sebanyak 190 mahasiswa, dan 34 mahasiswa dari Program Doktor.

Prosesi wisuda berlangsung pada Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode ke-3 Tahun 2023 yang dihadiri oleh Rektor dan seluruh civitas akademik UIN Malang, para wisudawan, perwakilan dari Kemenaker, orang tua/wali wisudawan, dan undangan lainnya.

Sementara, rincian jumlah wisudawan berdasarkan fakultas yakni:

  • Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: 121 wisudawan
  • Fakultas Syariah: 119 wisudawan
  • Fakultas Humaniora: 56 wisudawan
  • Fakultas Psikologi: 79 wisudawan
  • Fakultas Ekonomi: 122 wisudawan
  • Fakultas Sains dan Teknologi: 21 wisudawan
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan: 82 wisudawan
  • Program Pascasarjana: 200 wisudawan

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Umi Sumbulah Mag, sebanyak 68,9 persen atau 378 wisudawan program sarjana meraih IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) dengan predikat Cumlaude.

“Wisuda periode ini sangat luar biasa karena jumlah wisudawan dari semua program yang meraih predikat cumlaude mengalami kenaikan dari periode-periode sebelumnya,” ujar Umi.

Sedangkan dari Program magister, 88,9 persen wisudawan yang menyandang predikat cumlaude. Untuk Program Doktor sendiri yang terdiri dari 34 wisudawan semua atau 100 persen berpredikat cumlaude.

Di Program Sarjana (S1), lulusan terbaik diraih oleh mahasiswa asal Ponorogo bernama Sayyidaturrohimah, dari pendidikan bahasa Arab dengan IPK 3,97.

Untuk Program Magister diraih oleh Bagus Novianto, mahasiswa dari Pendidikan Agama Islam dengan IPK 4,00.

Baca Juga:  Beasiswa TELADAN Tanoto Foundation, Terbuka untuk Semua Jurusan!

Sementara itu, lulusan terbaik untuk Program Doktor adalah Ichinia Angger Rowin dari pendidikan bahasa Arab dengan IPK 4,00.

Rektor UIN Malang, Prof Zainuddin menyampaikan ucapan selamatnya kepada para wisudawan atas kelulusan dan orang tua/wali yang terus mendoakan putra-putri mereka.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan mengenai tantangan yang dihadapi saat ini menyangkut segala aspek kehidupan jauh lebih kompleks.

“Oleh karena itu, saya berharap mahasiswa dapat mengantisipasi dan menghadapi tantangan dengan baik dengan mempersiapkan segala sesuatunya secara baik juga,” ujar Rektor.

Pesan saya, agar para wisudawan terus belajar dan belajar, dan jangan pernah berhenti. Teruslah mencapai life long education,” tambahnya.

Menutup sambutannya, Rektor juga menyampaikan pesan agar para wisudawan jangan berhenti untuk berdoa dan ikhtiar, tetap hormat kepada kedua orang tua dan guru, serta menjaga nama baik almamater.

1 Comment

  • lqzg99

Comments are closed.