NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
31/01/2023
SMARTLIVE

Tips Waktu Belajar yang Efektif Saat Ujian Tiba

  • Desember 7, 2022
  • 3 min read
Tips Waktu Belajar yang Efektif Saat Ujian Tiba

KAMPUS, MalangLive – Baik siswa sekolah menengah maupun mahasiswa umumnya tidak hanya disibukkan oleh kegiatan belajar dan mengerjakan tugas. Mungkin banyak dari mereka yang memiliki beragam kegiatan selain belajar, seperti mengikuti organisasi, bekerja paruh waktu, dan lainnya.

Mungkin ada dari mereka yang bingung mengatur waktu belajar menjelang ujian.

Karenanya, mengatur waktu belajar dengan baik di tengah padatnya kegiatan sangat penting. Terutama, saat menghadapi ujian.

Nah, tak perlu bingung! Ada beberapa tips manajemen waktu belajar yang bisa kamu praktekkan menjelang ujian untuk mendapatkan nilai bagus!

Dapatkan informasi pendaftaran UIN Malang melalui https://admisi.uin-malang.ac.id/

1. Atur jadwal belajar

Menjelang ujian, kamu bisa mulai mengatur jadwal belajar dan materi pelajaran yang akan dipelajari setiap harinya. Salah satunya dengan menuliskan jadwal belajar mata kuliah atau mata pelajaran yang akan dipelajari setiap hari di selembar kertas. Hal ini bisa membantu kamu untuk lebih disiplin dalam mematuhi jadwal belajar yang sudah dibuat.

2. Tentukan durasi belajar

Selain menentukan mata pelajaran (matpel) yang akan dipelajari setiap harinya, tentukan juga durasi belajar untuk setiap matpel.

Contohnya, memberikan durasi belajar maksimal tiga jam untuk setiap mata pelajaran. Usahakan untuk tidak terlalu lama belajar, yang justru bisa berpotensi membuat kamu burnt out atau stres.

3. Cicil materi kuliah

Sebelum ujian, kamu bisa mencicil materi satu bulan sebelumnya. Dengan mencicil materi pelajaran, kamu bisa memahami materi dengan baik dalam jangka waktu yang cukup panjang. Cara ini juga bisa membantu mengurangi stres, terutama untuk mereka yang mudah panik. Hindari belajar menjelang ujian semester dengan sistem kebut semalam.

Dapatkan informasi pendaftaran UIN Malang melalui https://admisi.uin-malang.ac.id/

4. Kurangi waktu bermain sosial media

Untuk lebih fokus belajar menjelang ujian, kamu bisa mengurangi aktivitas bermain, termasuk sosial media. Jika memungkinkan, non-aktifkan media sosial saat belajar dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Dengan mengurangi waktu bermain handphone, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk belajar. Saat istirahat tiba, kamu bisa kembali membuka media sosial untuk meningkatkan semangat belajar.

5. Belajar di waktu yang tepat

Tentukan waktu belajar sesuai dengan kondisi diri sendiri. Mungkin ada beberapa dari kamu yang bisa belajar efektif di malam hari. Bisa jadi, ada sebagian yang bisa cepat menangkap pelajaran di pagi hari. Kapan pun itu, kamu bisa rutin belajar di waktu yang cocok dengan kondisi tubuh.

Lalu sebenarnya kapan waktu terbaik otak untuk belajar? Menurut cara kerja otak, umumnya otak bisa lebih folus di pagi hari sekitar pukul 09.00-11.00 karena keadaan tubuh yang masih segar. Untuk mengerjakan tugas berat dan belajar, otak akan lebih mudah berkonsentrasi di jam 11 hingga 2 siang.

Setelah belajar, otak dapat beristirahat penuh dengan tidur semalaman. Oleh karenanya waktu terbaik otak untuk belajar adalah jam 6-8 malam.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kecemasan Menghadapi Ujian

tips waktu belajar
tips waktu belajar

Tips waktu belajar yang baik

Itu tadi beberapa tips belajar dan manajemen waktu menjelang ujian semester yang bisa kamu terapkan. Buat mereka yang duduk di bangku kelas 12 juga bisa menerapkan tips di atas jika ingin mengikuti ujian masuk ke salah satu kampus negeri favorit seperti Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim atau lebih dikenal dengan nama UIN Maliki Malang. Ingin tau detail fakultas di UIN? Cek link berikut ya! https://360.uin-malang.ac.id/. Selamat mencoba!