Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
SMARTLIVE

PEMBUKAAN PWN PTK 2023 DI GORONTALOKARO DIHADIRI AAKK

  • Mei 25, 2023
  • 2 min read
PEMBUKAAN PWN PTK 2023 DI GORONTALOKARO DIHADIRI AAKK

SMARTLIVE – Kemeriahan pembukaan kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) XVI di Bumi Perkemahan IAIN Gorontalo dimulai dengan pembukaan yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, pada Senin (22/5/2023).
Kegiatan PWN PTK ini akan berlangsung selama lima hari ke depan dan dijadwalkan berakhir pada Jumat, (26/5/2023). Seluruh perguruan tinggi keagamaan negeri yang berada di bawah Kementerian Agama turut hadir untuk mensukseskan acara besar ini, termasuk UIN Maliki Malang. Kampus dengan logo Ulul Albab ini mengirimkan satu kontingen yang terdiri dari 16 peserta, 3 pendamping, dan 1 pimpinan kontingen.

Baca juga : Kepala Biro AUPK Langsukan Kegiatan Guna Mematangkan Penilaian BLU Maturity Rating


Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin MA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag, dan Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), Dr. H. Barnoto, M.Pd.I, turut hadir langsung dalam pembukaan PWN PTK.
Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK) menjelaskan bahwa kegiatan PWN PTK mencakup beberapa aspek, seperti kegiatan bhakti sosial kepada masyarakat di desa (homestay) yang telah ditentukan, seperti perbaikan jalan, bedah rumah ibadah, pembagian sembako, pembuatan pojok baca, penanaman pohon, pembuatan bak sampah, pembuatan tugu PWN PTK XVI, Pramuka mengajar, pengajian akbar, dan penyuluhan. “Kegiatan bhakti sosial ini mencapai 60 persen,” terangnya.
Sementara itu, 40 persen sisanya berkaitan dengan kegiatan wawasan dan keterampilan, seperti safe from harm, literasi media digital, dialog pemuda lintas agama, pramuka dan bela negara, digital marketing, dan scouting for SDG’s. “Tak hanya itu, para peserta juga diajak untuk mengenal keunikan budaya daerah Gorontalo dan bagaimana implementasi moderasi beragama di tengah-tengah kemajemukan budayanya,” ujar Barnoto.
Mengutip dari UIN Maliki Malang, Barnoto berharap agar kontingen UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dapat mengikuti kegiatan PWN PTK ini dengan totalitas selama lima hari ke depan, serta memberikan bantuan yang berarti bagi masyarakat. “Kami meminta doa agar kontingen UIN Maliki Malang dan kontingen lainnya senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal,” tutupnya.