Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
POPLIVE

Keutamaan Puasa Ramadhan, Bulan Penuh Berkah

  • Maret 17, 2023
  • 3 min read
Keutamaan Puasa Ramadhan, Bulan Penuh Berkah

Spootlive – Bagi umat Muslim, puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya. Ramadhan, adalah bulan ke sembilan dalam kalendar Islam dan merupakan bulan suci bagi seluruh umat Muslim di dunia.

Ramadhan dimulai dan diakhiri dengan munculnya bulan sabit. Bulan yang penuh berkah ini menjadi masa bagi umat Islam untuk lebih banyak melakukan masa introspeksi diri, salat berjamaah di masjid, dan membaca Al-Qur’an.

Di bulan suci ini Allah mengampuni dosa-dosa masa lalu orang-orang yang berniat menjalankan bulan suci dengan puasa dan beribadah.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra, Rasulullah saw bersabda, “Allah Azza wa Jalla berfirman “semua amal perbuatan anak adam adalah milik-Nya (dapat dicampuri hawa nafsu), kecuali puasa. Dia adalah untuk-Ku dan aku sendiri  yang akan membalasnya. Puasa itu merupakan perisai, maka jika seseorang sedang berpuasa, janganlah berkata keji atau ribut. Kalau seseorang mencaci maki padanya atau mengajak berkelahi, maka hendaknya dikatakan kepadannya “Sungguh aku sedang berpuasa”. Demi Allah yang jiwa Muhammad di tangan-Nya bau mulut orang yang berpuasa bagi Allah di hari kiamat adalah lebih harum dari bau minyak kesturi. Dan untuk orang yang berpuasa mendapat dua kegembiraan,  yaitu : ketika akan berbuka puasa dan akan ketika akan menghadap Allah bergembira akan menerima pahala puasanya”. (HR. Muslim)

Dalam hadis tersebut, terdapat beberapa keutamaan puasa Ramadhan di antaranya:

Bulan yang diberkahi Allah SWT

Selama bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. setan-setan dibelenggu. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

Apabila datang bulan Ramadhan maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka,dan setan-setan diikat (dibelenggu).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Penghapus dosa

Salah satu keutamaan puasa Ramadhan salah satunya merupakan penghapus dosa. Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:  Cashback dan Gratis Ongkir untuk Pelanggan Bukalapak

Antara shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, Ramadhan ke Ramadhan adalah penghapus dosa di antara itu semua, jika dosa besar dapat dihindari.” [HR. Muslim dan selainnya]

Pahala tak terhingga

Umat Islam yang berpuasa saat Ramadhan akan mendapatkan ganjaran pahala tak terhingga jumlahnya. Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW,

Allah SWT berfirman: ‘Seluruh amal anak Adam untuknya, kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku, dan Aku yang akan mengganjarnya.” [HR. As-Syaikhân]

Dalam riwayat Muslim juga disebutkan tentang keutamaan berpuasa Ramadhan.

Setiap amal anak Adam dilipat gandakan pahalanya sepuluh kali lipat hingga 700 kali lipat. Allah -azzawajalla- berfirman, ‘Kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku, dan Aku yang akan mengganjarnya. Dia meninggalkan nafsu dan makanannya demi Aku.” [HR. As-Syaikhân]

Bulan turunnya Al Qur’an

Al Qur’an diturunkan di bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi umat manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan batil).

Hal ini dikatakan dalam ayat suci Al Qur’an

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan (permulaan)Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan sebagai penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan batil)” (QS. Al Baqoroh : 185)

Puasa menjadi pelindung

Keutamaan puasa Ramadhan berikutnya yakni puasa bisa menjadi tameng atau pelindung agar umat Islam agar tidak melakukan dosa.

Waktu yang mustajab untuk berdoa

Dikatakan, Ramadhan menjadi waktu terbaik bagi umat Islam untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT sebagaimana tertuang dalam hadis

Setiap muslim memiliki doa yang mustajab (terkabulkan) yang ia berdoa dengannya pada bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad)