Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
POPLIVE

5 Situs Web Freelance Terbaik untuk Pencari Kerja

  • Januari 25, 2023
  • 5 min read
5 Situs Web Freelance Terbaik untuk Pencari Kerja

Anda seorang freelancer? Berikut rekomendasi situs web freelance untuk mencari kerja!

KARIR, Spootlive – Selama pandemi COVID-19, perusahaan semakin banyak merekrut freelancer atau pekerja lepas untuk mengatasi tuntutan pekerjaan. Oleh karena itu, jumlah pekerjaan lepas yang tersedia kini lebih banyak dari sebelumnya.

Freelancer bisa menikmati kebebasan memilih beban kerja, proyek, dan klien mereka. Jika Anda sedang mencari pekerjaan lepas, Anda bisa dengan mendaftarkan akun di salah satu platform freelance.

Dalam artikel ini, kami akan membuat daftar situs web freelance terbaik untuk mereka yang mencari pekerjaan lepas, baik pekerjaan administrasi atau teknis.

1. Freelancer.com

Freelancer.com adalah situs web pekerja lepas tempat para profesional dan perusahaan dari seluruh dunia berkolaborasi dalam berbagai proyek. Berkat berbagai keahlian, klien dapat dengan mudah menemukan ahli dari jenis apa pun.

Anda dapat mendaftar sebagai pekerja lepas atau pemilik bisnis. Mendaftar sebagai freelancer akan mengharuskan Anda mengisi formulir pendaftaran singkat. Berikan informasi terperinci, termasuk keahlian, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja.

Ada berbagai jenis pekerjaan yang bisa dipilih, mulai dari penerjemah, pengembang web, desain, dan banyak lainnya. Dengan dukungan pelanggan 24/7, pencari kerja bisa melacak kemajuan pencarian kerja. Meskipun begitu, ada juga scam seperti klien dan pelamar palsu. Karenanya, tetap perlu berhati-hati dalam memilih.

Setiap freelancer akan menerima pembayaran penuh setelah menyelesaikan pekerjaan. Namun, platform mengambil 10% dari total penghasilan pekerja lepas untuk kontes dan proyek tetap. Seperti kebanyakan situs lepas, Anda dapat memilih untuk menggunakan PayPal atau transfer untuk penarikan pembayaran.

Baca juga: Cara Menghadapi Lingkungan Kerja yang Toxic

2. Upwork

Upwork adalah situs web lepas yang menghubungkan klien dan pekerja lepas dari seluruh dunia. Platform ini menyediakan berbagai kategori, mulai dari desain web, pemrogaman, hingga marketing dan akuntansi.

Baca Juga:  Karir Atau Passion? Anda Pilih Mana?

Klien dan freelancer memiliki banyak cara untuk terhubung – klien dapat memilih untuk memposting pekerjaan dan merekrut talenta atau membeli layanan yang telah ditentukan sebelumnya dari katalog proyek. Demikian pula, pekerja lepas dapat mengakses menu pekerjaan dan menawarkan layanan untuk dijual.

Untuk memulai sebagai pekerja lepas dengan Upwork, mulailah dengan membuat profil. Pastikan profil mencakup detail tentang diri sendiri, keahlian, dan pengalaman kerja. Ingatlah bahwa klien akan memutuskan apakah Anda memenuhi syarat dengan memindai melalui profil Anda setiap kali Anda menawar pekerjaan atau mengajukan proyek.

Upwork memiliki beberapa kelebihan seperti klien yang kredibel, proyek berbasis anggaran, dan perlindungan pembayaran. Meskipun begitu, ada juga sisi negatif, seperti proses seleksi yang panjang dan biaya layanan yang cukup tinggi.

3. LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu situs pekerjaan paling populer yang menyediakan cara mudah untuk mencari pekerjaan di berbagai bidang. Ini juga merupakan platform jejaring sosial bagi para profesional untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain.

Jenis pekerjaan freelancer yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari terjemahan, desain grafis, hingga copywriting.

Cukup daftar dan buat profil untuk memulai. Cantumkan informasi sebanyak mungkin, seperti keahlian, pendidikan, dan pengalaman kerja Anda. Profil LinkedIn yang komprehensif dapat membuka lebih banyak peluang kerja.

Menambahkan postingan baru juga dapat membuat profil Anda lebih terekspos. Misalnya, jika Anda seorang penulis lepas, buat postingan yang menjelaskan keahlian dan lampirkan portofolio pekerjaan Anda. Calon pemberi kerja mungkin menemukan profil Anda dan memberi Anda penawaran.

Menjelajahi posting pekerjaan LinkedIn juga merupakan cara yang bagus untuk menemukan peluang freelance. Untuk menemukan pekerjaan lepas yang diinginkan, pastikan untuk menggunakan kata kunci terkait dan urutkan hasilnya dari yang terbaru.

Baca Juga:  Tubuh Tetap Bugar Selama Ibadah Haji? Ikuti Tips Berikut!

Baca juga: Tips Melatih Diri Bangun Tepat Waktu di Pagi Hari

4. 99designs

Untuk desainer lepas yang mencari pekerjaan, 99designs menawarkan banyak pilihan. Ini adalah situs web freelance yang dirancang khusus untuk desainer dan bisnis untuk berkolaborasi. Ada berbagai proyek desain yang tersedia, mulai dari desain logo dan sampul buku hingga pakaian dan merchandise.

99designs memudahkan pencarian pekerjaan lepas sesuai keahlian Anda. Dengan memilih industri, gaya, dan kategori desain, Anda akan memiliki akses ke daftar pekerjaan yang dapat dipilih.

Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk membuat profil dan menyertakan pengalaman kerja. Tim kurasi akan meninjau aplikasi dan menentukan level desainer Anda. Semakin tinggi level Anda, semakin banyak visibilitas yang Anda dapatkan di platform.

Setiap kali Anda bekerja dengan klien baru, 99designs akan membebankan biaya pengenalan sebesar $100 dan biaya platform mulai dari 5% hingga 15%. Freelancer dibayar melalui PayPal atau Payoneer dalam tiga hari kerja dan lebih cepat untuk orang dengan level profil yang lebih tinggi.

5. Guru

Guru adalah tempat bagi pekerja lepas dan perusahaan di seluruh dunia untuk bekerja sama. Perusahaan dapat mempekerjakan profesional dengan berbagai keahlian, seperti pemrogram, desainer grafis, dan manajer produk.

Situs web freelance ini memudahkan untuk menelusuri daftar pekerjaan dan mengirimkan penawaran kepada klien. Mulailah dengan mendaftar dan membangun profil pekerja lepas. Sistem akan memberikan rekomendasi pekerjaan berdasarkan keahlian dan pengalaman kerja Anda.

Freelancer dapat menawar proyek jangka panjang atau pendek dan memberikan harga tetap untuk setiap proyek. Ada beberapa metode penarikan untuk menerima penghasilan, termasuk PayPal dan transfer. Lebih penting lagi, situs ini memastikan pekerja lepas dibayar tepat waktu dengan perlindungan SafePay.

Baca Juga:  Era New Normal Memaksa Kita Kerja Keras dalam Mengembangkan Bisnis

Setiap freelancer yang mendaftar di situs web freelance ini mendapatkan keanggotaan dasar gratis. Namun, paket keanggotaan berbayar menyertakan lebih banyak pilihan untuk menonjolkan profil Anda.

Web freelancer untuk pekerja lepas

Itu dia 5 daftar situs web freelance terbaik untuk mencari pekerjaan dan menghasilkan uang secara online. Menemukan pekerjaan lepas tidak harus rumit. Sebagian besar situs hanya mengharuskan pencari kerja mendaftar akun dan membuat profil.

Namun, jangan lupa untuk mempelajari dan membandingkan masing-masing cara kerja setiap situs web freelance sebelum mendaftar akun. Pertimbangkan juga dari beberapa faktor, seperti sistem pembayaran, metode penarikan, dan biaya layanan.