NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
02/10/2022
OLAHRAGA

Agar Selalu Bugar, Lakukan Senam Online Ini Dari Rumah

  • Oktober 16, 2020
  • 4 min read
Agar Selalu Bugar, Lakukan Senam Online Ini Dari Rumah

OLAHRAGA, malangpost.id – Kesadaran masyarakat untuk berolahraga semakin meningkat selama masa pandemi ini. Selain membuat tubuh lebih sehat dan bugar, olahraga di masa pandemi juga membantu meningkatkan imun tubuh terhadap penyakit, termasuk virus Corona.

Dengan tetap memperhatikan physical distancing, olahraga seperti bersepeda, jogging, berjalan kaki, hingga senam masih bisa tetap dilakukan.

Untuk mencegah penularan virus, olahraga yang biasanya dilakukan beramai-ramai dan di tempat umum harus dibatasi. Tempat olahraga seperti gym menjadi salah satu tempat penyebaran virus Corona.

Dengan banyak gym atau sanggar yang ditutup, Anda bisa melakukan olahraga senam secara online. Olahraga ini bisa dilakukan dengan bantuan handphone atau laptop.

Nah, kira-kira senam online apa sajakah yang bisa dilakukan dari rumah sebagai alternatif olahraga di masa pandemi ini?

Senam aerobik

Jika dilakukan secara rutin, aerobik memiliki banyak manfaat. Diantaranya membakar lemak, membuat otot lebih kuat, dan membantu meredakan stress. Anda bisa melakukan aerobik sendiri di rumah, bahkan jika Anda seorang pemula.

Umumnya senam aerobik dibagi menjadi beberapa kategori, seperti low impact, high impact, dan mix impact.

Anda bisa mendapatkan berbagai macam kelas senam di app store atau kanal Youtube. Sesuaikan dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki. Anda juga bisa mencari instruktur online untuk latihan yang lebih terarah.

Senam zumba

Jika Anda suka dengan gerakan senam diiringi dengan musik yang cepat dan gembira, zumba bisa menjadi salah satu pilihan olahraga di masa pandemi.

Umumnya, zumba menggunakan musik Latin yang temponya sering berubah-ubah, sehingga gerakan juga menjadi lebih bervariasi. Zumba juga menggabungkan gerakan dance dan fitness yang mudah diikuti.

Seperti olahraga lainnya, zumba juga memiliki banyak manfaat, diantaranya meningkatkan detak jantung melancarakan peredaran darah, dan memperkuat otot.

Senam pilates

Salah satu senam online yang bisa di lakukan di rumah adalah pilates. Umumnya, para wanita memilih latihan pilates untuk membentuk tubuh menjadi lebih kencang dan ideal. Sepintas, pilates mirip dengan yoga, tapi sebenarnya berbeda.

Pilates mengutamakan fokus pada fleksibilitas, keseimbangan, dan pengaturan postur dan tubuh. Gerakan pilates melibatkan serangkaian gerakan yang lambat disertai dengan pernapasan dalam.

Anda bisa melakukan pilates di rumah dengan bantuan instruktur atau mengikuti kelas online. Untuk berlatih, Anda membutuhkan matras sebagai alas latihan. Supaya tidak bosan, Anda juga bisa memainkan musik dengan tempo lembut sebagai teman latihan.

Senam lantai

Seperti namanya, olahraga yang masih cabang dari gymnastic ini dilakukan di lantai dan umumnya dilapisi karpet atau matras. Anda bisa melakukan senam lantai di mana saja, termasuk di rumah selama pandemi.

Selain itu, senam lantai tidak memerlukan tambahan peralatan seperti tongkat, balok, dan lainnya.

Senam lantai disebut juga dengan senam bebas, terdiri dari berbagai macam gerakan dan cukup mudah diterapkan. Gerakan dalam senam lantai menuntut kekuatan kaki dan tangan, juga kordinasi persendian dan otot-otot tubuh.

Biasanya senam lantai mencakup gerakan meloncat ke depan dan ke belakang, berguling, berputar di udara, dan lainnya. Sangat disarankan, Anda dalam kondisi prima untuk melakukan latihan ini.

Olahraga ini bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan melatih kekuatan otot untuk tulang yang kuat dan sehat. Selain manfaat fisik, senam lantai juga bisa mengurangi depresi karena meningkatkan endorphin, zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh secara alami. Hormon ini memicu perasaan positif dan mengurangi rasa sakit.

Senam yoga

Selama beberapa tahun terakhir ini, olahraga yang berasal dari India Timur ini banyak digemari masyarakat. Tidak berbeda dengan olahraga lain yang dilakukan secara rutin, yoga memiliki banyak manfaat untuk jiwa dan raga.

Selain membantu Anda menjadi lebih rileks, yoga juga bisa menenangkan pikiran dan mengurangi rasa nyeri seperti nyeri punggung. Yoga juga bisa membakar lemak jika Anda melakukan yoga jenis ashtanga, atau jenis lainnya yang dikombinasikan dengan berlari dan berjalan kaki.

Yoga terdiri dari berbagai macam jenis, diantaranya Vinyasa, Iyengar, dan Hatha Yoga. Fokus pada keseimbangan, spiritual, dan fleksibilitas, yoga menyatukan tubuh dan pikiran. Tersedia banyak aplikasi yoga online dan juga video serta tutorial yoga, bahkan untuk pemula sekalipun.

Jika Anda seorang pemula, Anda bisa mencoba beberapa gerakan yang mudah untuk dipraktekan sendiri. Diantaranya standing yoga pose, seated yoga pose, dan back pain pose.

Itulah beberapa senam online yang bisa dilakukan di rumah sebagai alternatif olahraga di masa pandemi. Terlebih lagi, olahraga yang dilakukan secara rutin bisa memperkuat sistem imun tubuh, yang kita butuhkan selama masa pandemi virus Corona ini.

Tersedia beragam macam video, tutorial, dan aplikasi senam online yang bisa dengan mudah Anda dapatkan. Anda juga bisa bergantian melakukan senam tersebut agar tidak bosan dan lebih bervariasi. Jangan lupa, lakukan pemanasan dulu yah! (ds3)