NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
KUPASEDU

Tentang Fakultas Saintek UIN Malang, Visi Misi Jurusan dan Program Studi

  • November 8, 2021
  • 2 min read
Tentang Fakultas Saintek UIN Malang, Visi Misi Jurusan dan Program Studi

Ketahui lebih banyak tentang Fakultas Saintek UIN Malang

KAMPUS, malangpost.id – Buat siswa kelas 12 tentunya sebentar lagi harus menentukan jurusan kuliah bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi nanti. Siswa dari jurusan IPA memiliki beragam pilihan, termasuk Fakultas Sains dan Teknologi. Sering disebut juga dengan Fakultas Saintek, jurusan ini merupakan salah satu yang paling diminati oleh calon mahasiswa.

Terdapat banyak universitas di Indonesia, baik negeri maupun swasta, yang memiliki Fakultas Saintek. Salah satunya adalah UIN Maliki Malang. Universitas negeri yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur ini memiliki beberapa jurusan dalam Fakultas Saintek.

Sebagaimana kami lansir dari Quipper Campus, Fakultas Saintek merupakan pengembangan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Ada empat program studi yang dimiliki Fakultas Saintek, yaitu matematika, fisika, sistem informasi, dan teknik informatika.

Fakultas Saintek UIN Maliki Malang

Cikal bakal dari fakultas di universitas ini adalah Jurusan Tadris Matematika dan Bahasa Inggris di Fakultas Tarbiyah. Pembukaan Fakultas Saintek dimulai dengan pembukaan program-program studi umum pada 2002. Ada empat program studi untuk jenjang S1 di Jurusan MIPA yang dibuka, yaitu Biologi, Matematika, Fisika, dan Kimia.

Kemudian pada 2004 Jurusan MIPA berubah menjadi Fakultas Saintek dan ada tambahan 2 (dua) jurusan baru, yaitu Teknik Informatika dan Teknik Arsitektur.

Baca juga: Ini Jurusan Terfavorit di UIN Malang, Minat?

Visi

Visi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah agar dapat mewujudkan Fakultas Saintek integratif yang memadukan sains dan Islam yang bereputasi internasional.

Misi

Dengan dibentuknya Fakultas Saintek di UIN Maliki Malang, universitas memiliki misi untuk mencetak sarjana sains dan teknologi yang berkarakter ulul albab dan juga menghasilkan sains dan teknologi yang relevan dengan budaya saing tinggi.

Baca juga: Ini Detail Fakultas Humaniora UIN Malang, Visi Misi beserta Jurusannya! Minat?

Program studi

Saat ini, Fakultas Saintek UIN Maliki Malang memiliki program studi sarjana (S1) dan magister (S2). Saat ini, ada 7 program studi (jurusan) yang dimiliki UIN Malang untuk program sarjana, yaitu:

  • Biologi
  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Teknik Informatika
  • Arsitektur
  • Perpustakaan & Sains Informasi

Sedangkan untuk program studi magister (S2) tersedia untuk jurusan Biologi dan Informatika

Baca juga: Ingin Lanjutkan Magister? Ini Jurusan Pascasarjana UIN Malang

Fakultas Saintek UIN Maliki Malang

Fakultas Saintek UIN Maliki Malang sudah terakreditasi A oleh BAN PT. Jadi, buat kamu yang ingin melanjutkan Fakultas Saintek, bisa memilih UIN Maliki Malang sebagai tempat menimba ilmu. Untuk informasi lebih lanjut dan detil mengenai fakultas ini, langsung saja kunjungi situs resmi UIN Malang.