NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
30/09/2022
KUPASEDU

Manfaat Membacakan Dongeng Bagi Si Kecil

  • April 27, 2021
  • 2 min read
Manfaat Membacakan Dongeng Bagi Si Kecil

Ada banyak manfaat membacakan dongeng untuk si kecil. Ingin tahu apa saja?

DIKSAR, malangpost.id – Apakah Anda suka membacakan dongeng pada si kecil? Kegiatan ini bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi anak dan orang tua. Sebagai orang tua, Anda bisa meluangkan waktu membacakan dongeng pada si kecil. Bahkan, sebagian calon orang tua ada yang mulai membacakan dongeng sejak anak masih dalam kandungan.

Meskipun kebanyakan orang tua membacakan dongeng sebelum si kecil tidur, kegiatan ini juga bisa dilakukan saat bersantai di sore hari atau akhir pekan. Ternyata, ada banyak manfaat membacakan dongeng untuk si kecil. Diantaranya bisa meningkatkan kosakata dan minat baca si kecil.

Berikut manfaat dongeng bagi anak yang kami rangkum dari berbagai sumber

1. Meningkatkan kemampuan bahasa

Saat Anda membacakan dongeng untuk anak, si kecil akan mendengar, mengetahui, dan menyerap berbagai macam kosakata baru. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan berbahasa dan membuat anak jadi lebih mudah berkomunikasi untuk mengekspresikan perasaan dan keinginannya.

2. Menumbuhkan kecintaan membaca

Manfaat membacakan dongeng bagi anak salah satunya bisa menumbuhkan kecintaan membaca. Jika Anda sebagai orang tua rajin membacakan cerita, secara tidak langsung Anda memperkenalkan budaya membaca pada anak sejak dini. Si kecil akan terbiasa dan mulai tertarik membaca sendiri.

Baca juga: Ini Manfaat Mengajarkan Anak Mencintai Buku Sejak Dini

3. Mengembangkan imajinasi

Dengan mendengar atau membaca cerita dongeng, imajinasi si kecil akan berkembang dan terbentuk dengan sendirinya. Jika Anda terbiasa membacakan dongeng, imajinasinya akan semakin meningkat dan si kecil akan terbiasa untuk berpikir kreatif saat berusaha memecahkan suatu masalah.

4. Mengajarkan budi pekerti

Tidak hanya menarik dan menghibur, dongeng juga memiliki pesan dengan nilai moral yang baik dan bisa mengajarkan budi pekerti dengan cara menarik. Umumnya cerita dongeng, terutama fabel memiliki nilai-nilai kehidupan yang anak bisa pelajari dan teladani. Seperti tidak boleh sombong atau pantang menyerah.

Itu tadi beberapa manfaat membacakan dongeng untuk anak. Dongeng bisa membantu anak menambah pengetahuan, kosakata, juga belajar tentang moral dan budi pekerti tanpa ia merasa diajari. Sesuaikan dongeng dengan usia anak. Sebagai orang tua, jangan ragu untuk membacakan dongeng pada si kecil! (ds3)