NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
30/09/2022
KUPASEDU

Kamu Suka Matematika? Ini Kaitannya Dengan Jurusan Teknik Informatika

  • April 14, 2021
  • 3 min read
Kamu Suka Matematika? Ini Kaitannya Dengan Jurusan Teknik Informatika

KAMPUS, malangpost.id – Apakah kamu suka matematika dan tertarik kuliah di jurusan teknik informatika? Lalu, apa yah hubungan matematika dengan teknik informatika?

Matematika, pelajaran yang banyak dibenci siswa, tapi banyak juga yang menyukainya. Bidang ilmu yang satu ini merupakan ilmu pengetahuan dasar yang  bisa melatih kemampuan berpikir logis, kritis, dan sitematis. Ternyata, matematika juga berhubungan dengan bidang ilmu lain, seperti fisika, biologi, ekonomi, maupun teknologi.

Matematika dengan teknik informatika

Sebagai dasar dari segala ilmu, matematika juga memberikan sumbangsih dalam perkembangan teknologi. Berbagai aplikasi dan program komputer yang ada hingga kini tak bisa lepas dari penerapan aplikasi matematika.

Seorang programmer perlu menguasai beberapa bidang matematika, seperti Aljabar, Booelan, matematika diskrit, teori graf, peluang dan statistika, serta logika simbolik. Tidak heran, penerapan aplikasi matematika berhasil membantu pengembangan di bidang lain.

Nah, kalau menyukai matematika dan penggemar ilmu komputer, kamu mungkin tertarik untuk mempelajari keduanya dengan kuliah di jurusan teknik informatika. Jurusan yang satu ini mempelajari pengembangan komputer.

Karenanya, matematika dan teknik informatika memiliki banyak kesamaan, bahkan tak terpisahkan. Apalagi, dasar teknik informatika adalah pembuatan software yang membutuhkan perhitungan dan logika. Selain itu, untuk membuat suatu program komputer memerlukan algoritma (kumpulan perintah).

Mengenal jurusan teknik informatika

Kamu mungkin sudah tahu kalau jurusan yang satu ini sedang naik daun. Teknik informatika adalah ilmu yang fokus pada software dengan mempelajari dan menggabungkan teknologi komputer dengan matematika.

Untuk kuliah di jurusan teknik informatika dibutuhkan pemahaman matematika dan fisika. Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi. Mahasiswa juga akan belajar manajemen database dan transmisi data. Tidak ketinggalan, mempelajari perancangan prosesor, perangkat lunak (software), dan sistem informasi.

Memerlukan dasar matematika, mahasiswa harus memiliki kemampuan melakukan analisis dan berpikir logis. Hal ini diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan secara runut dan mampu melakukan rekayasa informatika. Dari sini, persamaan logika diterjemahkan ke dalam sistem komputer melalui bahasa pemrograman yang rasional dan sistematis.

Jadi, buat kamu yang senang matematika sekaligus tertarik dengan teknologi, jurusan ini cocok untuk kamu, nih! Untuk kuliah di jurusan teknik informatika, kamu perlu memilih perguruan tinggi yang kredibel dan terpercaya, seperti Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang).

Baca juga: Program Beasiswa Perguruan Tinggi, Tertarik? Simak Selengkapnya di Sini!

ITN Malang memiliki fakultas teknologi industri dengan salah satu jurusannya adalah Teknik Informatika. Kurikulum yang diajarkan mengikuti kurikulum Asosiasi Perguruan Tinggi Teknik Informatika dan Komputer (APTIKOM) serta standar kurikulum internasional bidang informatika yang diformulasikan oleh Computer Society dari Institute for Electrical and Electronic Engineers (IEEE-CS) dan Association for Computing Machinery (ACM).

Peluang profesi

Dengan matematika sebagai fondasi kemajuan bidang teknologi digital dan informatika, kita bisa melihat dampaknya pada kemajuan teknologi dan dunia digital saat ini. Hal ini memberikan peluang profesi bagi yang menguasai matematika sekaligus informatika. Diantaranya, software engineer, system analyst, IT executive, programmer, dan banyak lainnya.

Nah, buat kamu yang menyukai matematika dan teknik informatika, tidak perlu bingung lagi antara keduanya. Matematika diperlukan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komputer dan bahasa pemrograman. Sehingga, keduanya saling terkait dan tak bisa dipisahkan. (ds3)