NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
08/12/2022
KUPASEDU

Jawab Peningkatan Animo Masyarakat, UM Lakukan Optimalisasi Kampus III Blitar

  • Oktober 30, 2021
  • 2 min read
Jawab Peningkatan Animo Masyarakat, UM Lakukan Optimalisasi Kampus III Blitar

KAMPUS, Malangpost.id – Dengan semakin meningkatnya animo masyarakat untuk menempuh pendidikan di Universitas Negeri Malang (UM), Rektor UM bersama dengan pimpinan lainnya mengambil langkah optimalisasi penggunaan Kampus III UM yang berada di Kota Blitar.

“Langkanya pada semester genap 2021/2022, UM akan menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru, khususnya Strata-2 (S2) dan Strata-3 (S3) bagi sebagian prodi yang peminatnya sangat banyak,” ujar Prof Dr Ibrahim Bafadal MPd, Wakil Rektor IV UM pada saat melakukan kunjungan ke UM Kampus III Blitar, Jumat (29/10/2021).

Prof Ibrahim melanjutkan, saat melakukan kunjungan, Rektor bersama pimpinan lain juga melakukan rapat koordinasi dan melihat secara langsung ketersediaan fasilitas di UM Kampus III Blitar. Tujuannya adalah untuk mendukung penerimaan mahasiswa baru di UM Kampus III.

Untuk mendukung upaya optimalisasi ini, akan ada beberapa fasilitas yang dikembangkan mulai awal tahun 2022. Seperti memperindah halaman Kampus III, menambah enam ruang perkuliahan sehingga lebih memadai, dan juga akan mengembangkan perpustakaan berbasis digital.

Selain itu, UM juga akan melakukan perekrutan dosen-dosen baru yang bakal ditempatkan di UM Kampus III tersebut.

“Memang kita perlu mengambil kebijakan optimalisasi Kampus III, karena peminatnya ke UM semakin banyak, seiring dengan meningkatnya mutu dan kualitas perkuliahan di UM. Ini juga mengingatkan Kampus III hanya digunakan untuk perkuliahan S1 PGSD,” jelas Prof Ibrahim.

Ia mengaku, untuk sementara penerimaan mahasiswa baru S2 dan S3 di UM Kampus III bakal lebih diprioritaskan bagi para calon mahasiswa yang berada di Blitar dan sekitarnya. Tetapi nantinya tidak menuntut kemungkinan, mahasiswa yang diterima bisa berasal dari seluruh wilayah di Indonesia.

“Ada sejumlah dekan yang sudah mengusulkan prodi, seperti Fakultas MIPA, itu akan mengusulkan empat prodi, kemudian juga Fakultas Teknik, lalu Fakultas Ekonomi, bahkan Bapak Dekan FIP juga sudah mengusulkan prodi-prodi yang akan dibuka di Kampus III UM,” tutupnya.