NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
04/10/2022
KUPASEDU

Belajar Biologi, Apa Itu Pohon Filogeni?

  • April 23, 2021
  • 3 min read
Belajar Biologi, Apa Itu Pohon Filogeni?

Masih ingat tentang pohon filogeni yang dipelajari di sekolah?

KAMPUS, malangpost.id – Pernah kan dengar kalimat atau teori yang bilang kalau nenek moyang manusia itu kera? Atau teori kalau manusia itu mirip kera? Kenapa bisa koq manusia disamakan dengan kera? Kan, berbeda?

Nah, ternyata ilmuwan mendasarkan teori tersebut dengan menggunakan pohon filogeni. Yuks, kita cari tahu apa sih pohon filogeni itu!

Apa itu filogeni?

Filogeni atau filogenetik adalah salah satu cabang dari ilmu biologi yang mengkaji tentang hubungan di antara kelompok-kelompok organisme dengan proses evolusi. Hubungan antar organisme ditentukan oleh karakteristik yang sama melalui perbandingan anatomis dan genetik.

Filogeni diperlukan untuk mengetahui lebih jauh tentang proses evolusi dan penyusunan taksonomi. Nah, taksonomi ini adalah ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi dan identifikasi organisme berdasarkan hubungan alamiahnya.

Dengan filogeni dan taksonomi, didapat hipotesa bahwa semua kehidupan berasal dari nenek moyang yang sama. Para ilmuwan mengidentifikasikan ciri-ciri dari setiap organisme yang berbeda dari nenek moyangnya yang kemudian mengelompokkan ciri-cirinya dalam sebuah diagram yang disebut clado-gram (pohon filogeni).

Pohon filogeni digunakan sebagai ilustrasi visual hubungan evolousi antara takso menggunakan sistem klade dan kladistik. Klade adalah kelompok organisme-organisme yang berkaitan dengan keturunan.

Sedangkan kladistik adalah metode pembuatan pohon filogeni dengan mengelompokkan organisme setelah diketahui karakteristik dari masing-masing organisme.

Contoh tabel karateristik

Contoh tabel klasifikasi (ilustrasi: ruangguru.com)

Dari tabel di atas bisa terlihat, kalau manusia dikaitkan dengan kera karena dari pohon filogeni, karakteristik manusia dengan kera tidak jauh berbeda.

Dari diagram pohon filogeni juga, ilmuwan bisa mengetahui karateristik organisme-organisme dari sejarah evolusi. Pengetahuan tentang organisme ini membantu manusia mengetahui apa saja yang berguna bagi manusia sebagai sumber makanan dan obat-obatan.

Jenis Filogenetik

Jenis filogenetik (ilustrasi: ruangguru.com/Salma Mudhiah Sukma)

Dari pohon filogeni bisa ditemukan beberapa kelompok organisme yang berbeda (kelompok filogenetik). Ada 3 jenis filogenetik, yaitu:

Kelompok monofiletik

Adalah kelompok seluruh turunan dari nenek moyang yang sama, primata. Contohnya simpanse, gorilla, orangutan, dan manusia.

Kelompok parafiletik

Untuk kelompok parafiletik adalah sebagian turunan dari nenek moyang yang sama. Contohnya, manusia tidak termasuk ke dalam kelompok organisme primate lainnya karena primata lainnya termasuk ke dalam famili pongidae.  

Kelompok polifiletik

Nah, kelompok yang terakhir, polifiletik adalah kelompok turunan yang berasal dari nenek moyang yang berbeda. Bisa dilihat dari contoh, hiu dan paus masuk ke dalam kelompok ini. Meskipun bentuk tubuhnya mirip, namun hiu dan paus secara keturunan tidak sama. Hiu memiliki nenek moyang ikan, sedangkan paus memiliki nenek moyang mamalia.

Bagaimana, seru yah belajar biologi? Buat kamu yang sekolah di jurusan IPA, bisa melanjutkan kuliah dengan banyak pilihan jurusan, nih. Salah satunya jurusan teknik. Kalau kamu kuliah di ITN Malang, ada beragam pilihan jurusan teknik yang bisa kamu pilih. Diantaranya Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan lainnya. Penasaran, ada jurusan apa lagi di ITN Malang? Langsung saja cek ke laman ITN di https://www.itn.ac.id/ untuk informasi pendaftaran, jurusan, dan info lainnya.