Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
24/02/2024
CITILIVE

UIN Maliki Malang Resmikan Gedung Dormitory dan ITC Tahap Pertama

  • Januari 26, 2024
  • 2 min read
UIN Maliki Malang Resmikan Gedung Dormitory dan ITC Tahap Pertama

CITILIVE – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang meresmikan gedung dormitory dan Islamic Tutorial Center (ITC) tahap pertama di Kampus 3, Kota Batu, pada Jumat, 26 Januari 2024. Acara ini dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, serta para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA, mengatakan bahwa pembangunan gedung dormitory dan ITC ini merupakan bagian dari pengembangan Kampus 3 UIN Maliki Malang yang mengusung desain lafadz basmalah (Bismillahirrahmanirrahim). Tahap pertama yang dibangun adalah lafadz Ar-Rahim, dengan biaya dari Saudi Fund for Development (SFD) senilai USD 54.671.000 (Lima Puluh Empat Juta/ Enam Ratus Tujuh Puluh Satu Ribu US Dollar).


“Gedung dormitory ini merupakan salah satu upaya UIN Maliki Malang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mahasiswa,” ujar Prof. Zainuddin.
Gedung dormitory ini memiliki kapasitas 244 kamar, dengan fasilitas lengkap, seperti kamar tidur, ruang belajar, ruang ibadah, dan ruang makan. Selain itu, gedung dormitory ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti lapangan olahraga, taman, dan perpustakaan.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, mengapresiasi pembangunan gedung dormitory dan ITC ini. Ia menilai bahwa pembangunan ini merupakan wujud komitmen UIN Maliki Malang untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
“Saya sangat bangga dengan pembangunan Uin Maliki Malang Tahap Pertama ini, karena sisa kurang 190 hari dari waktu yang telah ditentukan pembangunan yang ber lafaz ‘rohim’ sudah rampung, kerja keras Uin sungguh luar biasa dan ini perlu di contoh oleh PTKIN lain dan khususnya proyek -proyek pembangunan di lingkungan kementerian agama,” ujar Gus Menteri.

Ia juga mengingatkan pentingnya pengelolaan yang baik terhadap gedung dormitory ini. Ia meminta agar UIN Maliki Malang segera membentuk struktur organisasi yang jelas untuk mengelola gedung dormitory ini.

Dengan diresmikannya gedung dormitory dan ITC tahap pertama ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di UIN Maliki Malang. Gedung ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mahasiswa, sehingga dapat fokus pada kegiatan belajar mengajar.(AB)