Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
15/03/2025
CITILIVE

Tim Megatron UMM Optimis Juara Shell Eco Marathon

rifamahmudah
  • Juni 28, 2023
  • 2 min read
Tim Megatron UMM Optimis Juara Shell Eco Marathon

CITILIVE – Dua mobil hemat energi karya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kembali berlaga di Shell Eco Marathon.

Dua mobil murni karya mahasiswa Teknik Mesin yakni mobil urban listrik dan mobil proto gasoline ini bakal berlaga dalam ajang Shell Eco Marathon Asia Pasific and The Middle East 2023 di Mandalika, Lombok NTB.

Secara simbolis, Rektor UMM, Prof Dr Fauzan melepas tim megatron dengan memasang stiker Logo UMM di body mobil hemat energi, Selasa (27/6).

Seperti diketahui, tim megatron UMM bakal menurunkan dua mobil karya mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Semi Otonom(LSO) dalam ajang internasional yang diikuti 14 negara dengan 93 tim ini.

“Harapannya ya juara. Tapi yang tak kalah pentingnya, mengikuti lomba tingkat internasional ini menanamkan jiwa optimis dan kompetitif,” jelas Fauzan.

Dikatakan, tahun lalu UMM berhasil menduduki 4 besar untun Shell Marathon dan KHI juara 1 di kelas listrik dan juara 3 untuk kelas etanol. “Untuk tahun ini tim UMM optimis menang,” tuturnya.

Shell Eco Marathon
Mobil karya mahasiswa Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan berlaga di Mandalika, Lombok NTB

Sementara pembina LSO Mekatronic UMM Drs. Mohammad Jufri menjelaskan, ajang ini merupakan lomba hemat bahan bakar.

Berbagai upaya telah dilakukan termasuk latihan agar mampu menempuh jarak 12 km dengan waktu 27 menit. “Karena jika kurang dari waktu tersebut, panitia akan mendiskualifikasi dan dinyatakan tidak finish,” terangnya.

Tidak hanya latihan dan BBM harus hemat, desain body kendaraan pun dibuat se-ringan mungkin dengan konstruksi aerodinamis, konsumsi bahan bakarnya, se-irit mungkin.

Sesi latihan, biasanya di jalan Jakarta bersama tim dari perguruan tinggi lain di Malang, karena pernah dipakai sebagai lap lomba saat Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) beberapa waktu lalu.

Dari hasil latihan, Jufri menjelaskan jika mobil Mekatronic UMM harus menempuh jarak 12 km dalam waktu 27 menit.

“Kompetisi ini merupakan kompetisi irit-iritan bahan bakar, kedua mobil telah mencapai target hematnya. Mobil urban listrik capaian hematnya yaitu 200 km/kwh dan untuk mobil proto gasoline capaian hematnya yakni 1000 km/l,” lanjut Jufri.

Menyinggung driver atau joki juga didapat melalui seleksi. Menurut Jefri harus memiliki ketangkasan.”Makin sering menggeber gas, semakin boros bahan bakarnya. Maka perlu teknik khusus dan menguasai lintasan. Kapan dia harus tancap gas, dan kapan waktu untuk kurangi kecepatan,”ujarnya

Sementara Eko Dandy joki utama mobil urban listrik ini mengakui seleksinya cukup ketat karena disesuaikan dengan mobil yang didesain khusus.

“Minimal menguasai mobilnya karena ruangan dan desain regulasi karakter, maksudnya drivernya harus memiliki berat badan 70 kg,” ujar Eko yang terbiasa mengemudikan truk mengangkut pasir.