Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
25/05/2024
CITILIVE

Pj Gubernur Jatim: Alsintan Membantu Petani Optimalkan Lahan

  • Mei 15, 2024
  • 2 min read
Pj Gubernur Jatim: Alsintan Membantu Petani Optimalkan Lahan

CITILIVEPenjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, menyatakan bahwa bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) sangat membantu petani, terutama di daerah dengan kondisi geografis yang sulit seperti Bangkalan, dalam mengoptimalkan lahan mereka.

“Di Bangkalan, kondisi geografis membuat sumber air agak sulit dan banyak sawah di sana adalah sawah tadah hujan. Oleh karena itu, bantuan Alsintan seperti pompa sangat membantu,” ujar Adhy saat ditemui wartawan setelah pelepasan KRI Soeharso yang mengangkut Alsintan ke Merauke di Koarmada II Surabaya, Selasa.

Dilansir dari antaranews.com, Adhy yakin bahwa bantuan Alsintan dari Kementerian Pertanian akan meningkatkan hasil panen di beberapa daerah di Jawa Timur sesuai dengan jadwal penyerahan bantuan di masing-masing wilayah.

“Saya kira hasil panen bisa meningkat dua kali lipat, minimal satu kali panen menjadi dua kali. Syukur-syukur bisa sampai tiga kali panen,” katanya.

Dalam kunjungan kerjanya di Jawa Timur, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mendorong empat pemerintah kabupaten di Pulau Madura untuk memaksimalkan produksi pertanian sehingga bisa menjadi kekuatan dalam mencapai swasembada pangan nasional.

“Mimpi kita ke depan adalah menjadikan Indonesia lumbung pangan dunia. Dulu, kita pernah mencapai swasembada tiga kali berturut-turut, dan yang melakukan akselerasi adalah kita semua, bukan hanya Menteri Pertanian, tetapi juga Bapak/Ibu sekalian, meskipun saat itu ada cuaca ekstrem dan krisis pangan global,” kata Mentan.

Mentan mengajak empat kabupaten di Pulau Madura, yaitu Bangkalan, Pamekasan, Sumenep, dan Sampang, untuk membantu mencapai swasembada pangan nasional seperti yang pernah terjadi pada 2017, 2019, dan 2020.

Selain itu, Mentan berharap Pulau Madura dapat menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia dalam menghasilkan produktivitas tinggi, salah satunya melalui pemanfaatan irigasi dan perpompaan atau pemasangan pompa di sungai-sungai yang tidak pernah kering.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *