Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
14/11/2025
CITILIVE

Empat KA Tujuan Malang Tertunda Imbas Gangguan Operasional di Kedunggedeh, KAI Pastikan Jalur Sudah Aman

rifamahmudah
  • Oktober 26, 2025
  • 2 min read
Empat KA Tujuan Malang Tertunda Imbas Gangguan Operasional di Kedunggedeh, KAI Pastikan Jalur Sudah Aman

CITILIVE,MALANG – Empat Kereta Api (KA) jarak jauh tujuan Stasiun Malang mengalami keterlambatan kedatangan pada Minggu (26/10/2025). Hal ini disebabkan oleh gangguan operasional yang dialami KA Purwojaya (KA 58F) relasi Gambir–Cilacap di Stasiun Kedunggedeh, Jawa Barat, sehari sebelumnya, Sabtu (25/10) pukul 14.14 WIB.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan yang terdampak keterlambatan tersebut. KAI memastikan seluruh penumpang KA Purwojaya dalam kondisi selamat dan proses evakuasi rangkaian telah rampung pada Minggu pagi.

“Jalur hulu yang sebelumnya terdampak kini telah dinyatakan aman dan dapat dilalui kembali dengan kecepatan terbatas. Perjalanan KA secara bertahap mulai berangsur normal,” ujar Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, dalam keterangan resmi.

Empat KA yang mengalami keterlambatan kedatangan di Stasiun Malang meliputi:
1. KA Brawijaya (KA 38) relasi Gambir–Malang
2. KA Majapahit (KA 246) relasi Pasarsenen–Malang
3. KA Gajayana (KA 36) relasi Gambir–Malang
4. KA Jayabaya (KA 92) relasi Pasarsenen–Malang

KAI menyebut, proses normalisasi jalur di Kedunggedeh membutuhkan waktu karena dilakukan dengan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan keamanan rel. Selama proses tersebut, dilakukan pengaturan perjalanan dan koordinasi intensif antar daerah operasi untuk meminimalkan dampak terhadap jadwal KA lain.

“Kami memohon maaf atas keterlambatan sejumlah KA di Stasiun Malang akibat dampak gangguan operasional di wilayah Jawa Barat. Keselamatan dan kenyamanan pelanggan tetap menjadi prioritas utama kami,” imbuh Luqman.

Sebagai bentuk tanggung jawab, KAI menyiapkan kompensasi service recovery sesuai ketentuan yang berlaku bagi pelanggan yang terdampak keterlambatan.

KAI juga menegaskan akan terus meningkatkan keandalan operasional serta memperkuat sistem pemeliharaan sarana dan prasarana untuk mencegah gangguan serupa.

Baca Juga:  Pemkot Malang Terima 12 Sertifikat Aset Daerah dari Kementerian ATR/BPN

“Kami berterima kasih atas kesabaran pelanggan. Seluruh jajaran KAI bekerja maksimal agar pelayanan segera pulih dan perjalanan kereta kembali lancar,” tutupnya.

KAI mengimbau masyarakat untuk memantau perkembangan jadwal dan informasi perjalanan melalui kanal resmi @KAI121, KAI Contact Center 121, WhatsApp 0811-2223-3121, atau email cs@kai.id. (Sh)