11 Kereta Api Berangkat dari Malang untuk Libur Akhir Pekan dan Imlek 2025

CITILIVE – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan 11 kereta api (KA) dari Stasiun Malang untuk memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat selama libur akhir pekan panjang, termasuk Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek 2025.
Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan bahwa selama periode tersebut, terdapat total 11 kereta yang akan beroperasi, terdiri atas 10 kereta api jarak jauh reguler dan satu kereta api lokal tambahan.
“Dari Stasiun Malang, kami menyediakan total 5.744 tempat duduk setiap harinya untuk mendukung kebutuhan perjalanan masyarakat selama liburan panjang ini,” kata Luqman di Kota Malang, Senin (20/1).
Jadwal dan Rute Kereta Api
Berikut adalah daftar 10 kereta jarak jauh reguler yang beroperasi dari Stasiun Malang selama periode libur akhir pekan dan Imlek:
- KA Malabar: Relasi Malang-Bandung, berangkat pukul 05.40 WIB.
- KA Kartanegara: Relasi Malang-Purwokerto, berangkat pukul 08.00 WIB.
- KA Matarmaja: Relasi Malang-Pasarsenen, berangkat pukul 09.10 WIB.
- KA Jayabaya: Relasi Malang-Pasarsenen, berangkat pukul 12.30 WIB.
- KA Gajayana: Relasi Malang-Gambir, berangkat pukul 14.55 WIB.
- KA Brawijaya: Relasi Malang-Gambir, berangkat pukul 16.00 WIB.
- KA Tawangalun: Relasi Malang Kotalama-Ketapang, berangkat pukul 16.30 WIB.
- KA Malabar (Sore): Relasi Malang-Bandung, berangkat pukul 16.50 WIB.
- KA Malioboro Ekspres: Relasi Malang-Purwokerto, berangkat pukul 17.30 WIB.
- KA Majapahit: Relasi Malang-Pasarsenen, berangkat pukul 18.45 WIB.
Dilansir dari Antara News, satu kereta tambahan, KA Arjuno Ekspres, akan melayani relasi Malang-Surabaya Gubeng. Kereta ini berangkat dari Stasiun Malang pada pukul 05.25 WIB dan akan berhenti di Stasiun Lawang, Bangil, dan Sidoarjo.
KA Arjuno Ekspres mulai beroperasi dari Kamis (23/1) hingga Jumat (31/1) untuk mendukung lonjakan penumpang selama musim liburan.
Pemesanan Tiket
Masyarakat dapat membeli tiket melalui aplikasi Access by KAI atau mitra resmi lainnya. Luqman menambahkan bahwa pembelian tiket secara daring tidak hanya lebih praktis tetapi juga mendukung transformasi digitalisasi layanan KAI.
“Pemesanan tiket melalui aplikasi memberikan kemudahan dan kecepatan akses bagi masyarakat,” ungkapnya.
Dengan layanan ini, PT KAI berharap dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat yang melakukan perjalanan selama musim liburan, sekaligus memastikan bahwa kebutuhan transportasi terpenuhi secara maksimal