NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
03/10/2022
UPDATEKOTA

Rumah Rusak Berat Akibat Terdampak Gempa Bumi Malang, Pemerintah Beri Bantuan Rp 50 Juta

  • April 29, 2021
  • 2 min read
Rumah Rusak Berat Akibat Terdampak Gempa Bumi Malang, Pemerintah Beri Bantuan Rp 50 Juta

KANJURUHAN, Malangpost.id – Dampak dari adanya gempa bumi Kabupaten Malang masih dirasakan hingga saat ini. Setidaknya ada ribuan rumah rusak, kerusakan sejumlah fasilitas umum, hingga korban jiwa.

Berkaitan dengan itu, pada Kamis sore (29/4) lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan langsung ke lokasi terdampak gempa bumi. Tepatnya berada di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

“Saya sudah mendapatkan laporan kerusakan khusus yang ada di Kabupaten Malang, ada 1.716 rumah. Baik yang rusak berat, rusak sedang hingga rusak ringan. Semuanya nanti akan dibantu dari pemerintah,” ungkap Presiden Jokowi

Dirinya lantas menyebutkan besaran bantuan yang akan digelontorkan oleh pemerintah, yang mana untuk rumah rusak berat akan mendapatkan bantuan sejumlah Rp. 50 Juta. Untuk rumah kerusakan sedang akan dibantu sebesar Rp. 25 Juta. Sedangkan rumah yang memiliki kerusakan ringan, akan mendapat bantuan sejumlah Rp. 10 Juta.

Baca juga : NK Cafe Malang Beri Bantuan Rp 53 Juta, Untuk Keluarga Korban KRI Nanggala 402

“Kita harapkan nanti bisa segera dilaksanakan rekonstruksi, dan untuk fasilitas umum seperti Musala juga akan dikerjakan oleh Kementerian PU (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, red),” ujarnya

Dengan adanya bantuan tersebut, Jokowi berharap kehidupan masyarakat pada wilayah terdampak gempa bumi bisa normal kembali, serta semua perbaikan dan bantuan bisa segera pihaknya kerjakan pada bulan Mei 2021 ini.

Sebelumnya diketahui, bencana gempa bumi Magnitudo 6,1 terjadi pada tanggal  10 April 2021 sekitar pukul 14.00 WIB. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Malang (19/4), gempa bumi berdampak pada 32 Kecamatan dari total 33 Kecamatan.

Setidaknya tercatat ratusan fasilitas umum juga mengalami kerusakan, yakni sebanyak 226 unit bangunan sekolah, rumah ibadah sebanyak 233 unit, fasilitas kesehatan sejumlah 23 unit dan fasilitas umum lainnya yang rusak akibat dampak gempa sejumlah 23 unit.

Tidak hanya berupa kerusakan bangunan fisik. Dampak gempa bumi juga menyebabkan 110 orang mengalami luka-luka, dan empat orang meninggal dunia.