Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/06/2024
SPOOTLIVE

Kumpulan Berita Haji 2024 Terupdate, Simak di sini!

  • Juni 4, 2024
  • 2 min read
Kumpulan Berita Haji 2024 Terupdate, Simak di sini!

Haji merupakan salah satu rukun Islam yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Setiap tahunnya, jutaan jamaah dari berbagai negara berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah ini.

Tahun 2024 tidak terkecuali, berbagai peristiwa dan informasi penting seputar pelaksanaan haji telah menghiasi pemberitaan. Berikut adalah kumpulan berita haji 2024 yang bisa Anda simak.

Pemberangkatan Jamaah Calon Haji Embarkasi Surabaya Selesai

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya telah menyelesaikan pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2024. Dengan keberangkatan Kelompok Terbang (Kloter) 106 sebagai kloter terakhir, total 39.322 calon haji.

Telah diberangkatkan sesuai kuota yang ditetapkan. Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Mufi Imron Rosyadi, mengungkapkan bahwa meski ada beberapa calon haji yang harus dipulangkan karena sakit, kuota tetap terpenuhi dengan adanya penggantian.

Pemprov Jatim Dukung Peningkatan Kualitas Industri Migas untuk Pembiayaan Haji

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan dukungannya terhadap peningkatan kualitas industri migas untuk menunjang pembiayaan haji. Dengan 28 wilayah kerja migas yang ada di Jawa Timur, produksi minyak dan gas bumi meningkat.

Menduduki peringkat ketiga nasional. Penjabat Gubernur Jatim, Adhy Karyono, menekankan pentingnya digitalisasi dan sinergi dalam rantai pasok untuk mendukung target produksi migas yang juga berdampak pada pembiayaan haji.

Persiapan Haji di Kabupaten Pasuruan

Dalam upaya meningkatkan promosi pariwisata dan mendukung calon haji, Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan menggandeng konten kreator dan influencer. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisata.

Hal ini juga mendukung ekonomi lokal, termasuk pembiayaan perjalanan haji. Konten kreator dengan ribuan pengikut di media sosial diharapkan dapat memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Pasuruan secara lebih luas.

Baca Juga:  Polres Malang: Membuat Program "Balik Mudik Gratis" 2024

Kesehatan Jamaah Haji

Kesehatan jamaah selalu menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan ibadah haji. PPIH terus mengingatkan jamaah untuk menjaga kesehatan di tengah kondisi cuaca yang ekstrem di Arab Saudi.

Kepala Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan Surabaya, Rosidi Roslan, mengimbau jamaah untuk tidak memforsir tenaga agar tetap prima hingga pelaksanaan wukuf di Arafah.

Inovasi Digital dalam Pelaksanaan Haji

Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai inovasi digital untuk memudahkan pelaksanaan haji. Tahun 2024, aplikasi khusus untuk jamaah haji diperkenalkan, memberikan berbagai informasi dan panduan selama berada di Tanah Suci.

Aplikasi ini juga memfasilitasi komunikasi antara jamaah dan petugas haji, memastikan koordinasi yang lebih baik dan respons cepat terhadap kebutuhan jamaah.

Dengan berbagai upaya dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan pelaksanaan haji tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman spiritual yang berharga bagi seluruh jamaah.