Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
24/02/2024
SPOOTLIVE

5 Manfaat Kesehatan Makan Oat dan Oatmeal

  • Maret 8, 2023
  • 4 min read
5 Manfaat Kesehatan Makan Oat dan Oatmeal

Spootlive – Studi menunjukkan bahwa oat dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya termasuk membantu penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Oat adalah salah satu biji-bijian paling sehat di dunia. Mereka adalah biji-bijian bebas gluten dan kaya akan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

Sebagai sumber biji-bijian utuh, oat mengandung pati pelindung yang disebut beta-glucan yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan berpotensi membantu mengurangi risiko kanker tertentu.

Seratnya (dan teksturnya yang kaya) membuatnya sangat mengenyangkan untuk sarapan, membantu menghindari panggilan untuk ngemil sebelum makan siang. Terlebih lagi, mereka ramah GI (glikemix indek) karena kandungan seratnya juga dapat membantu meningkatkan pencernaan.

Oat menir, bentuk oat yang paling utuh dan utuh, membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Karena alasan ini, kebanyakan orang lebih suka oat yang digulung, dihancurkan, atau dipotong.

Oat instan (cepat) adalah jenis yang paling banyak diproses. Meskipun membutuhkan waktu paling singkat untuk dimasak, teksturnya mungkin terasa lembek.

Oat biasanya dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal, yang dibuat dengan merebus oat dalam air atau susu. Oatmeal sering disebut sebagai bubur oat.

Mereka juga sering digunakan sebagai campuran dalam muffin, granola, kue, dan makanan yang dipanggang lainnya.

Ini dia beberapa manfaat kesehatan mengkonsumsi oat dan oatmeal sebagaimana kami lansir dari Healthline.

1. Oat sangat bergizi

Oat kaya akan karbohidrat dan serat, tetapi juga mengandung protein dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan biji-bijian lainnya. Mereka juga sangat tinggi kandungan vitamin dan mineral.

Dengan komposisi nutrisi gandum seimbang, oat adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik, termasuk serat beta-glukan yang kuat.

Mereka juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi, dengan keseimbangan asam amino esensial yang baik. Selain itu, oat sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan penting. Oat adalah salah satu makanan paling padat nutrisi yang bisa Anda makan.

2. Mengandung beta-glucan

Oat mengandung serat larut yang kuat yang disebut beta-glukan, yang memiliki banyak manfaat. Beta-glukan sebagian larut dalam air dan membentuk larutan kental seperti gel di usus Anda.

Manfaat kesehatan dari serat beta-glukan untuk tubuh meliputi mengurangi LDL dan kadar kolesterol total, penurunan gula darah dan respon insulin, perasaan kenyang meningkat, dan peningkatan pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan.

Karenanya, oat bermanfaat dalam membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah, meningkatkan bakteri usus yang sehat, dan meningkatkan perasaan kenyang.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Oat dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi kolesterol total dan LDL (jahat), serta melindungi LDL dari kerusakan. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global. Salah satu faktor risiko utama adalah kolesterol darah tinggi.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa serat beta-glukan dalam gandum efektif mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (jahat) yang dapat meningkatkan pelepasan empedu yang kaya kolesterol, yang mengurangi tingkat sirkulasi kolesterol dalam darah Anda.

Oksidasi kolesterol LDL (jahat) terjadi ketika bereaksi dengan radikal bebas. Ini adalah langkah penting lainnya dalam perkembangan penyakit jantung, yang menghasilkan peradangan di arteri, merusak jaringan, dan dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

4. Mengontrol kadar gula darah

Diabetes tipe 2 adalah kondisi kesehatan yang umum, ditandai dengan peningkatan gula darah secara signifikan. Biasanya penyakit ini merupakan hasil dari penurunan kepekaan terhadap hormon insulin.

Oat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, terutama pada orang yang kelebihan berat badan atau penderita diabetes tipe 2. Beta-glukan dalam gandum dan jelai juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menurunkan kadar gula darah.

Efek ini terutama disebabkan oleh kemampuan beta-glukan untuk membentuk gel kental yang menunda pengosongan lambung dan penyerapan glukosa ke dalam darah.

5. Membantu menurunkan berat badan

Oatmeal (bubur) tidak hanya makanan sarapan yang enak, tapi juga sangat mengenyangkan. Mengonsumsi makanan yang mengenyangkan dapat membantu Anda makan lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan.

Dengan menunda waktu yang dibutuhkan perut untuk mengosongkan makanan, beta-glukan dalam oatmeal dapat meningkatkan rasa kenyang Anda. Karena itu, oatmeal dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan dengan membuat perut Anda merasa lebih kenyang.

Beta-glukan juga dapat mendorong pelepasan peptida YY (PYY), hormon yang diproduksi di usus sebagai respons terhadap makan. Hormon kenyang ini telah terbukti menyebabkan berkurangnya asupan kalori dan dapat menurunkan risiko obesitas.