Wajib Tahu! Ini Perbedaan Marketing dengan Sales
KARIR, malangpost.id – Bagi sebagian orang, banyak yang masih menganggap kalau marketing dan sales merupakan bidang atau divisi yang sama. Bahkan, terkadang hal ini menjadi perdebatan di beberapa kalangan. Tapi, tahukah pembaca kalau keduanya memiliki perbedaan?
Buat yang masing bingung, berikut kami rangkum perbedaan marketing dan sales dari fungsi dan tugasnya sebagaimana kami lansir dari Glints.
Pengertian
Hal pertama agar lebih mudah memahami perbedaan marketing dan sales adalah mengenai pengertiannya. Marketing didefinisikan sebagai bagian dari keseluruhan sistem suatu bisnis, seperti merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk.
Sementara itu sales adalah bagian dari suatu kegiatan bisnis yang tugas utamanya menjual dan memastikan produk yang terlihat maupun tidak terlihat terjual laku dengan harga yang sudah direncanakan sebelumnya.
Proses kerja
Selain dalam pengertian, proses kerja kedua bidang ini juga berbeda. Divisi marketing dalam tugasnya menyiapkan konsep, strategi, dan alat yang membuat pelanggan mencari produk yang sudah disiapkan dan dimiliki perusahaan. Marketing-lah yang memikirkan cara untuk melakukan promosi, memilih dan menentukan pangsa pasar, identifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya.
Sedangkan divisi sales yang akan berhadapan dengan konsumen secara langsung. Ada beberapa hal yang dilakukan divisi sales dalam melakukan penjualan, mulai dari datang langsung ke lokasi konsumen, melalui telepon, media sosial, atau bertemu langsung dalam sebuah acara atau kegiatan.
Ruang lingkup pekerjaan
Yang membedakan antara sales dan marketing berikutnya adalah ruang lingkup pekerjaan. Divisi sales memiliki ruang lingkup pekerjaan yang cenderung bersifat jangka pendek. Tim ini bertugas menyakinkan calon konsumen untuk merasakan kebutuhan akan produk atau jasa yang mereka jual.
Sebaliknya, pekerjaan divisi marketing cenderung lebih panjang karena harus menjaga dan membina relasi dengan para mitra bisnis dan vendor terkait dengan pemasaran produk. Selain itu, lingkup pekerjaan divisi marketing juga lebih luas, termasuk market research, public relations, dan customer satisfaction.
Target kerja
Target kerja atau goal juga menjadi salah satu faktor yang membedakan marketing dan sales. Dalam suatu bisnis, marketing bertujuan untuk memastikan dulu produk atau jasa yang ditawarkan sudah terjamin kualitasnya. Mereka bekerja di balik layar agar suatu produk atau jasa bisa dijual.
Setelahnya, tim sales yang akan menemui atau menghubungi langsung calon konsumen hingga mencapai kesepakatan kerja atau produk dan jasa terjual. Tim sales membutuhkan skill untuk bisa meyakinkan calon konsumen membeli atau menggunakan produk dan jasa yang dijual.
Nah, itu tadi beberapa perbedaan marketing dengan sales dari berbagai segi, mulai pengertian, target kerja, hingga ruang lingkup pekerjaan. Sekarang, setelah lebih tahu tentang perbedaannya, kamu tidak akan salah pilih jika tertarik dengan kedua bidang tersebut.