Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
18/10/2024
POPLIVE

Viral, Ini Dia 6 Fakta Menarik Seputar Citayam Fashion Week

desi3
  • Juli 25, 2022
  • 3 min read
Viral, Ini Dia 6 Fakta Menarik Seputar Citayam Fashion Week

GAYA HIDUP, MalangLive –  Belakangan, Citayam Fashion Week ramai diperbincangkan masyarakat di banyak tempat, khususnya warganet hampir di seluru media sosial.

Citayam Fashion Week atau CFW yang menjadi viral bermula dari konten TikTok wawancara pasangan remaja yang nongkrong di kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas di Jakarta.

CFW juga tak lepas dari gaya berpakaian khas anak remaja yang sekedar mencari hiburan dengan outfit unik dan nyentrik.

Kumpulan remaja dengan gaya blak-blakan, cablak, dan penuh jargon dari para remaja ini mengundang tawa penonton. Tak heran, perpaduan hal tersebut dan gaya fesyen yang menarik menjadi pusat perhatian khalayak.

Mayoritas remaja ini berasal dari daerah penyangga Jakarta, seperti Citayam, Depok, dan Bojonggede. Namun, tak sedikit juga yang berasal dari Jakarta, seperti Tanjung Priok, Cakung, and Ancol.

Remaja berusia belasan tahun ini datang untuk mencari teman, pacar, atau sekedar menghabiskan waktu.

Berikut 5 fakta menarik fenomena Citayam Fashion Week yang viral saat ini.

1. Berawal dari konten

Sebelum viral menjadi bahan perbincangan masyarakat, CFW berawal dari sebuah konten media sosial, TikTok. Konten yang berisi wawancara konten creator terhadap beberapa remaja asal Citayam dan Bojong Gede yang berkumpul.

Dalam konten tersebut berisi pertanyaan seputar harga outfit, hingga uang yang dihabiskan untuk bermain dan pacarana di kawasan Sudirman. Konten lantas menyebar dan lalu viral dan kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas menjadi tempat mejeng anak remaja.

Baca juga: Masuk Mall Wajib Vaksin Booster, Aturan Berlaku Mulai 17 Juli 2022

2. Asal mula nama Citayam Fashion Week

Tiktokers bernama Radita Pradana mempopulerkan istilah Citayam Fashion Week (CFW). Istilah ini muncul lantaran anak-anak remaja yang mendominasi berasal dari Cityam. Sedangkan Fashion Week sendiri terinspirasi dari gaya unik mereka, layaknya seperti sedang berada di acara fashion show.

Baca Juga:  Ini Tips Padu Padan Hijab Styling Agar Terlihat Lebih Langsing!

3. Pengunjung dari berbagai daerah

Anak-anak yang nongkrong atau sekedar bermain di kawasan Sudirman sebelumnya berasal dari daerah sekitar Sudirman, Depok, Citayam, dan Bojonggede saja. Namun, setelah viral kini banyak anak-anak remaja atau ABG yang datang dari berbagai daerah, seperti Jawa Barat. Bahkan, ada yang datang dari Bali yang juga sedang viral di media sosial.

4. Melahirkan nama-nama baru yang terkenal

Dengan viralnya CFW, melahirkan nama-nama baru yang mulai populer dan terkenal di media sosial. Mulai dari Jeje Slebew yang terkenal karena memiliki wajah yang mirip dengan Fuji hingga Kurma yang terkenal karena kisah percintaannya dengan Bonge, sang kekasih.

5. Mendapat perhatian dari kalangan artis

Viralnya fenomena CFW bahkan sampai ke telinga para konten creator hingga artis Tanah Air, dan pemerintah. Banyak yang berdatangan ke Sudirman untuk melihat langsung dan membuat konten di area tersebut, seperti Marshel Widianto, Ria Ricis, dan lainnya.

Tak ketinggalan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan tanggapan mengenai fenomena tersebut melalui akun Instagramnya setelah ditanya oleh wartawan.

6. Pendaftaran Hak Cipta Citayam Fashion Week

Dengan fenomena Citayam Fashion Week yang semakin hits, nama tersebut mulai diperebutkan untuk dipatenkan oleh pihak-pihak yang mendaftarkan merek tersebut. Saat ini, ada dua public figure yang berupaya mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menggunakan merek ‘Citayam Fashion Week’.

Yang pertama adalah Tiger Wong Entertainment, milik pasangan artis Baim Wong dan Paula Paula Verhoeven. Pihak lainnya yang juga mendaftarkan hak paten nama tersebut adalah ‘Influencer Indigo’ Aditya Nugraha.