Tips Meningkatkan Personal Branding
TIPS, Malang Live – Personal branding merupakan salah satu upaya seseorang untuk memasarkan diri sebagai sebuah merek.
Dengan adanya kemajuan teknologi seperti sekarang ini, seseorang dapat memasarkan dirinya melalui berbagai platform di internet, salah satunya media sosial.
Media sosial kini bukan hanya sebagai platform untuk mencari sebuah hiburan namun lebih banyak daripada itu.
Seseorang bisa menjadi terkenal dan dikenal lewat pesona yang ia buat di media sosial. Berikut Malang Live rangkum beberapa cara untuk membangun personal branding di media sosial.
Beberapa Cara Meningkatkan Personal Branding
Kenali lebih dalam potensi diri
Mengenal diri sendiri merupakan hal yang paling dasar sebelum membangun personal branding di media sosial. Untuk dapat mengenali diri, seseorang bisa memulai dengan cara mencari tahu apa saja bakat minat yang ia miliki.
Setelah menemukan beberapa bakat dan minat yang dirasa cocok, saat itulah waktu yang tepat untuk mulai membangun personal branding melalui media sosial. Membangun personal branding sendiri membutuhkan kejujuran, alangkah baiknya untuk membangun diri sesuai citra yang dimiliki dan bukan merupakan citra palsu.
Gunakan nama yang menarik dan sama pada semua platform
Nama merupakan identitas diri yang paling utama. Menggunakan nama yang unik dapat membuat netizen lebih mudah mengingat kreator dan konten-konten yang dibuatnya. Untuk mendapatkan sebuah nama unik, seseorang dapat mengaitkan suatu hal dengan persona branding yang ingin dibangun.
Seperti halnya komedian, ia dapat menggunakan nama yang memiliki sense of humor. Membuat nama yang sama pada setiap media sosial juga dapat meningkatkan brand awareness netizen terhadap konten yang dibuat.
Memperbaharui profil sosial media
Memberikan deskripsi diri pada profil juga merupakan salah satu hal dasar yang krusial. Lantaran hal ini dapat membuat pesona personal branding seseorang menjadi lebih kuat.
Biasanya, deskripsi yang jelas dan berbeda dari orang kebanyakan dapat menarik perhatian netizen untuk melihat apa saja konten yang seseorang itu ciptakan.
Strategi konten
Membuat strategi konten dapat membuat konten yang diunggah menjadi rapi dan teratur. Sebisa mungkin untuk membuat konten secara konsisten agar akun media sosial yang digunakan tidak terkesan mati atau tidak terurus.
Memperhatikan target audiens juga merupakan bagian dari strategi konten. Mulailah langkah awal dengan memilah umur audiens serta media sosial apa yang akan digunakan.
Mendekatkan diri dengan audiens
Di era yang serba digital ini, sulit untuk melakukan setiap hal secara sendirian. Bergabung dengan komunitas sesuai bidang minat bakat dapat menjadi alternatif untuk lebih dikenal.
Hal itu juga dapat menambah koneksi agar orang lain dapat menjadi lebih aware dengan konten yang kamu miliki.