Netwriter can get reward Join NowDaftar / Login Netwriter
19/04/2024
POPLIVE

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

  • April 1, 2023
  • 6 min read
Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

SPOOTLIVE – Sebagai manusia, kita memiliki keinginan bawaan untuk membantu orang lain jika memungkinkan. Hal ini juga sangat didukung dalam agama Islam, yang sangat mementingkan amal dan membantu orang lain.

Umat Islam dianjurkan dan didorong untuk membagikan apa yang telah mereka terima dan membagikannya kepada mereka yang kurang beruntung.

Sedekah tidak hanya bermanfaat bagi yang menerimanya, tetapi juga memberikan pahala yang besar bagi yang memberi.

Sedekah pada dasarnya adalah makanan bagi jiwa dan berfungsi sebagai sarana keselamatan juga. Terutama sedekah di bulan Ramadan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah serta kemuliaan bagi umat Islam. Bagi setiap Muslim yang menjalankan ibadah atau amalan di bulan Ramadhan, akan mendapat ganjaran berlipat ganda. Salah satu amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan adalah bersedekah.

Sebagaimana tertuang dalam hadis

Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan” (HR. At-Tarmudzhi dari Anas).

Bulan Ramadhan juga disebut oleh nabi sebagai bulan shodaqoh. Bahkan Rasulullah SAW lebih memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan lainnya.

“Rasulullah adalah orang yang sangat dermawan. Dan lebih dermawan lagi ketika di bulan Ramadhan” (HR Bukhari).

Sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan akan memiliki pahala yang lebih besar dibandingkan sedekah yang diberikan di bulan-bulan lainnya.

Hal ini karena pada bulan Ramadhan, pahala dari amalan kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Nabi bersabda:

Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Sedekah juga memiliki keutamaan untuk menghapus dosa.

Baca Juga:  Negara-negara Ini Memiliki Puasa Terlama dan Tercepat di Dunia

Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda,

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.”

Dengan sedekah yang diberikan di bulan Ramadhan, dosa-dosa yang telah dilakukan akan diampuni oleh Allah SWT.

Karenanya, umat muslim sangat dianjurkan untuk bersedekah walaupun jumlahnya sedikit.

Salah satu bentuknya adalah memberikan sedekah untuk membangun masjid.

إِنَّمَا يَعۡمُرُ مَسَـٰجِدَ ٱللَّهِ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأَخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّڪَوٰةَ وَلَمۡ يَخۡشَ إِلَّا ٱللَّهَ‌ۖ فَعَسَىٰٓ أُوْلَـٰٓٮِٕكَ أَن يَكُونُواْ مِنَ ٱلۡمُهۡتَدِينَ
Sesungguhnya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) kecuali kepada Allah, maka semoga mereka menjadi golongan yang mendapatkan petunjuk”[QS at-Taubah ayat 18]

Masjid adalah rumah Allah yang memiliki kedudukan istimewa dengan banyak manfaat yang telah dipersiapkan oleh Allah SWT bagi kaum muslimin dan muslimat.

Oleh karenanya, Islam sangat memuliakan orang-orang ikut andil dalam membangun dan memakmurkan masjid.

Dari Utsman bin Affan -radhiyallahu’anhu- dia berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang membangun masjid ikhlas karena Allah maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga.” (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

Rasul bersabda, “Barangsiapa membangun sebuah masjid karena/untuk Allah walau seukuran sarang (kandang) burung atau lebih kecil dari itu, maka Allah akan membangunkan untuknya rumah di dalam syurga.” (HR. Ibnu Majah dan al-Baihaqi dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami’ no. 6128).

Perbedaan zakat, infaq, dan sedekah

Lalu, apa perbedaan dari ketiganya?

Salah satu perbedaan zakat, infaq, dan shodaqoh adalah dari pengertiannya. Secara umum, zakat adalah harta dari seorang muslim yang wajib dikeluarkan dan diberikan kepada golongan-golongan yang berhak untuk menerimanya.

Baca Juga:  Hari Satu Juta Pohon Diperingati 6 Komunitas Terkait

Zakat sendiri termasuk ke dalam rukun Islam yang ke-4 dan hukumnya wajib dilaksanakan bagi seorang muslim.

Pengertian infaq adalah mengeluarkan sebagian harta maupun penghasilan yang dimiliki untuk suatu kepentingan yang diperintahkan oleh agama Islam.

Infaq ini bisa mencakup zakat (wajib), seperti nazar maupun bukan zakat (sunnah), seperti infaq kepada fakir miksin, anak yatim, dan korban bencana.

Meskipun hampir sama, ada perbedaan antara infaq dan sedekah. Salah satunya infaq wajib memberikan uang atau harta dan memiliki perhitangan tersendiri, sementara sedekah bisa memberikan selain harta.

Sementara itu, sedekah atau shodaqoh adalah pemberian dari seorang muslim kepada orang lain dengan ikhlas tanpa ada batasan waktu dan juga jumlah tertentu. Berbeda dengan zakat yang hukumnya wajib, sedekah hukumnya sunnah.

Sedekah tidak hanya berupa harta atau materi, namun juga bisa mencakup berbagai amal perbuatan yang baik.

Selain ketiga hal tersebut, umat Islam juga bisa beramal dengan wakaf. Wakaf merupakan salah satu sedekah harta secara permanen dalam bentuk aset, seperti tanah, bangunan, sumur, rumah sakit, masjid, atau bangunan lain yang sifatnya produktif dan berguna bagi seluruh umat manusia.

Keutamaan sedekah di bulan Ramadan

Berikut ini beberapa keutamaan sedekah di bulan suci Ramadan

Pahala berlipat

Umat Islam yang bersedekah di bulan ini akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang bersedekah di bulan penuh berkah ini.

Penghapus dosa

Bagi mereka yang bersedekah akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang pernah mereka perbuat.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

Namun, perlu diingat, dosa dapat diampuni apabila disertai pula dengan taubat.

Dijauhkan dari api neraka

Banyak atau sedikitnya dalam kita bersedekah, ternyata berpengaruh dalam menjauhkan diri dari api neraka. Semakin banyak sedekah, semakin jauh kita darinya.

Baca Juga:  Yuk, Intip 5 Rekomendasi Tempat Bukber di Hotel Malang yang Ramah Kantong!

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Dibebaskan dari siksa kubur

Setiap Muslim yang memberikan sedekah, dapat dibebaskan dari siksa kubur.

Rasulullah Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

Merasa bahagia dan lapang dada

Umat Islam yang bersedekah akan mendapatkan kelapangan dada dan hati yang bahagia. Hal ini diumpamakan oleh Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Perumpamaan orang yang pelit dengan orang yang bersedekah seperti dua orang yang memiliki baju besi, yang bila dipakai menutupi dada hingga selangkangannya. Orang yang bersedekah, dikarenakan sedekahnya ia merasa bajunya lapang dan longgar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang yang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merekat erat di kulitnya. Ia berusaha melonggarkannya namun tidak bisa.” (HR. Bukhari)

Keutamaan bersedekah di bulan Ramadan

Itu tadi beberapa keutamaan sedekah selama bulan Ramadan. Ada beragam hal yang bisa dilakukan untuk bersedekah, salah satunya memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid di pesantren.

Selain menjadi tempat shalat berjamaah lima waktu, masjid di pesantren dapat membantu kelancaran proses pembelajaran dan pendidikan di pesantren.

Salah satu tempat yang menerima sedekah untuk pembangunan masjid adalah Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang.

Pondok pesantren asuhan Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Bisri, MS ini berlokasi di Jl. Joyo Agung No.2, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi Pusat Informasi di nomor 082333147347.

Untuk informasi mengenai pondok pesantren bisa melalui laman  https://www.bahrulmaghfiroh.com dan sosial media Tiktok @bahrulmaghfiroh.mlg, serta Instagram @bahrulmaghfiroh.mlg.