NewDaftar / Login NetwriterDAFTAR
30/09/2022
POPDAILY

Tips Membuat Konten Menarik Selama Pandemi Covid-19

  • November 17, 2020
  • 4 min read
Tips Membuat Konten Menarik Selama Pandemi Covid-19

TIPS, malangpost.id- Selama pandemi, dunia digital semakin digemari. Alhasil masyarakat mulai terpikat dengan konten-konten menarik di dalamnya. Peningkatan followers pun sering dipicu karena konten menarik tersebut. Apalagi jika mengangkat tema mental health, tema ini merupakan tema yang paling dibutuhkan saat ini. 

Selain menarik perhatian netizen, konten juga bisa menjadi personal branding Anda. Konten yang bermanfaat akan sangat membantu jejak digital Anda ketika nanti melamar pekerjaan di bidang digital. Oleh karena itu, membuat konten menarik menjadi hal yang wajib Anda pelajari. 

Siapa Target Konten Anda?

Sebelum membuat konten di masa pandemi, tentukan dulu untuk siapa konten tersebut. Setiap sosial media memiliki karakteristik pengguna masing-masing. Anda tidak boleh menyamakan orang-orang di Facebook dengan para pengguna Instagram. 

Begitu juga dengan orang-orang di Instagram tentu berbeda dengan pengguna Twitter. Jadi, media mana yang Anda gunakan untuk mempublikasikan konten? Jangan lupa mengenali karakteristik penggunanya ya. 

Bahasa yang Anda gunakan akan sangat berpengaruh kepada audiens ketika mereka sudah merasa cocok dengan karakter di konten Anda. Dengan begitu, mereka pun akan rutin mengikuti konten-konten menarik yang Anda buat. 

Jadilah Berbeda 

Semakin maraknya content creator membuat Anda harus memili value unik. Nilai tambah tersebut berbeda dengan content creator lainnya. Jika ingin memenangkan dunia perkontenan, jadilah yang berbeda. 

Tidak harus paling berbeda, menjadi sedikit unik saja sudah membuat Anda lebih menarik. Asalkan konten yang Anda buat pun tidak asal-asalan. Tetap gunakan aplikasi terbaik dan gaya bahasa yang sesuai. 

Tonjolkan ciri khas Anda pada konten. Seperti, Anda ingin dikenal sebagai siapa? Apakah orang bijak yang sedang sharing pengalaman, atau teman yang sangat bersahabat mendengarkan curhatan temannya? Tentukan keunikan konten Anda. 

Menggunakan Subheading untuk Membuat Konten Menarik 

Subheading menjadi bagian yang membuat tulisan Anda lebih jelas bagian-bagiannya. Terkadang tidak semua orang paham dengan apa yang Anda sampaikan. Apalagi jika bentuk kontennya beberapa paragraf, tentu Anda harus membedahnya kembali. 

Bedahlah konten Anda menjadi beberapa bagian kecil. Tujuannya agar pengguna lebih memahami dan memetakkan isi konten Anda. Memang hal inilah yang menjadi kunci dari konten yang Anda buat. 

Selain itu, penggunaan subheading memudahkan pembaca untuk melakukan scanning. Dengan begitu, pembaca lebih mudah menemukan bagian konten mana yang ingin mereka baca lebih lama. 

Menggunakan Font dan Ilustrasi yang Sesuai 

Visual itu menjadi kunci pertama dalam membuat konten menarik. Tak dapat dimungkiri, aspek konten pertama yang membuat audiens memutuskan untuk membaca adalah dari segi tampilannya. 

Meskipun isi konten berbobot, tetapi tampilannya lusuh dan terlihat tidak menarik, mereka tidak mungkin membaca konten Anda. Maka dari itu, berilah font dan tambahkan ilustrasi yang sesuai. 

Ilustrasi ini tidak hanya mendukung konten Anda, melainkan menjadi daya tarik unik atau ciri khas pembahasan Anda. Jangan gunakan ilustrasi yang maknanya justru bertentangan dengan isi konten. 

Beri Judul yang Menarik 

Inilah 5 tips.. 

Inilah 5 tips agar hidup Anda bahagia 

Lakukan 5 hal berikut maka hidup Anda akan bahagia 

Inilah 5 tips mendapatkan kebahagiaan hidup 

Judul mana yang Anda suka? Sebelum membuat konten, cobalah untuk membuat daftar judul pilihan yang terlintas di pikiran. Tujuannya agar dapat membandingkan judul mana yang menarik dan paling dibutuhkan. 

Sebab, judul ini sangat penting memengaruhi pembaca. Namun, jangan pernah membohongi pembaca karena ketidaksesuaian judul dengan isi konten.  

Setidaknya buatlah 5 contoh judul untuk konten Anda. Selain mengeksplorasi kreativitas, Anda bisa semakin andal dalam berbahasa. 

Jangan Lupa Menambahkan Call to Action 

Konten yang menarik adalah konten yang membuat pembaca tergerak. Baik bergerak dalam hal perubahan mindset maupun tergerak secara aksi. Itu artinya konten Anda sukses memengaruhi mereka. 

Lalu caranya bagaimana? Sertakan call to action pada akhir konten. Call to action merupakan satu formula yang memberikan dorongan atau perintah agar audiens tergerak untuk melakukan sesuatu. 

Dalam ilmu marketing, CTA ini bertujuan agar audiens membeli produk. Nah sementara dalam membuat konten menarik, apa yang Anda inginkan terhadap audiens Anda? Cantumkan dalam CTA tersebut. 

Membuat konten menarik selama pandemi tidaklah sulit. Pilih saja topik yang ingin Anda bahas kemudian ikuti formula cara membuat konten. Terakhir kuncinya adalah konsisten. Jika ingin menjadi konten creator profesional, latihlah skill tersebut dengan rutin membuat konten.